DPRD Minta Pemda Segera Selesaikan Polemik Disdukcapil

Wakil Ketua II DPRD Gorut
Wakil Ketua II DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik

banner 468x60

READ.ID – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik mendorong pemerintah daerah setempat untuk segera menyelesaikan terhadap berbagai persoalan yang dialami belakangan ini oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di daerah itu.

Pasalnya, menurut Wakil Ketua II DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik, pihaknya sampai saat ini masih belum mengetahui dengan jelas sudah sejauh mana upaya penyelesaian yang dilakukan pemerintah daerah terhadap kondisi dari Dinas tersebut, pasca kepala dinasnya ini dikabarkan mengundurkan diri.

banner 468x60

Hamzah mengaku, bahwa sebelumnya dirinya juga telah menanyakan hal tersebut kepada Bupati dan mengatakan telah mengirimkan nama ke Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan tinggal menunggu nama yang diberi rekomendasi.

“Tapi sampai hari ini tidak ada, jangan terkatung-katung begini. Artinya pastikan begitu. karena banyak pelayanan disana yang terhambat, tidak ada produk lagi ini. Dan saya juga sudah pernah turun kesana,” ujar Hamzah.

Hamzah berharap agar persoalan Dukcapil ini segera diselesaikan. Baginya polemik ini bukan hanya soal satu atau dua orang saja. Namun soal banyak orang. Apalagi mempertahankan kondisi Dukcapil Gorut yang sudah tidak kondusif lagi.

“Kasih penugasan lain ibu Sarce, eselon dua ke, cari apa saja. Apalagi sudah ada yang mau pensiun kan. Silahkan dia diberikan ruang untuk berkarya di tempat lain, yang penting di dalamnya masih kondusif,” jelas Hamzah.

Hamzah menambahkan, bahwa keberadaan Dukcapil ini juga dinilai sebagai salah satu dinas yang sangat strategis karena bisa mempengaruhi beberapa program-program yang ada di dinas-dinas lain.

“Maka keputusannya kita akan mencoba merumuskan kembali dengan pimpinan DPRD, pimpinan fraksi, dan pimpinan AKD terkait masa depannya kepala dinas dukcapil ini,” tukasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60