DPRD Pertanyakan Nasib Pelayanan di Dinas Dukcapil Gorut

Dinas Dukcapil Gorut

READ.ID – Berbagai persoalan yang dialami belakangan ini oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), menuai pertanyaan dari anggota legislator setempat, Matran Lasunte.

pahlawan

Pasalnya, menurut Matran, pihaknya sampai saat ini masih belum mengetahui dengan jelas sudah sejauh mana upaya penyelesaian yang dilakukan pemerintah daerah terhadap kondisi Dinas tersebut.

“Karena beberapa waktu lalu Kepala Dinasnya dikabarkan akan mengundurkan diri, kemudian ada persoalan lainnya terkait dengan honor dari para Pegawai Tidak Tetap (PTT),” kata Matran.

Matran mengatakan, akibat persoalan yang terjadi di Dinas tersebut, proses pelayanan dokumen kependudukan yang dilakukan oleh masyarakat sedikit terganggu.

“Padahal dokumen kependudukan ini sangatlah penting bagi masyarakat termasuk kami para aleg, bagaimana bisa mereka akan melengkapi dokumen kependudukan ketika tidak ada pelayanan,” tegasnya.

Harusnya kata Matran, sebagai Dinas yang erat kaitannya dengan layanan dokumen kependudukan. Tentu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus maksimal, termasuk jaminan tingkat kesejahteraan terhadap para aparatur yang bekerja.

“Hal ini tentu saling mempengaruhi, bagaimana aparatur akan bekerja ketika mereka tidak menerima upah,” jelas Matran

Untuk itu, terhadap kondisi yang terjadi di Dinas Dukcapil Gorontalo Utara harus dapat disampaikan ke publik. Dalam artian apakah pelayanan pengurusan dokumen kependudukan sudah berjalan secara normal atau belum.

“Kami berharap persoalan yang terjadi ditingkat OPD ini tidak berlarut-larut, agar pelayanan kepada masyarakat bisa segera berjalan,”tukasnya.