DPRD Provinsi berharap penanganan Banjir di Kabupaten Gorontalo segera dilakukan

Banjir Gorontalo

READ.ID – Anggota DPRD Provinsi Daerah Pemilihan Kabupaten Gorontalo B, terdiri dari H. Sun Biki, Hj. Venny Anwar dan H. Guntur Thalib, melakukan peninjauan ke kecamatan tibawa untuk melihat dari dekat dampak dari bencana banjir yang melanda sebagian desa di Kecamatan Tibawa, Gorontalo Selasa (9/11/ 2021).

Dari peninjauan dilapangan, menurut penjelasan pihak Balai Wilayah Sungai yang ikut pada kegiatan reses, mengungkapkan bahwa, banjir kali ini diakibatkan oleh meluapnya sungai Alo, sungai Pohudan Sungai Molohu.

Hal ini dipicu oleh beberapa faktor diantaranya curah hujan yang intensitas tinggi dan beberpa tanggul dibantaran sungai yang jebol.

Melihat kondisi tersebut, Anggota DPRD Provinsi Gorontalo H. Sun Biki meminta kepada pihak Balai Wilayah sungai, agar segera mencari solusi penanganan, minimal dari kegiatan tanggap darurat untuk memperbaiki tanggul yang jebol.

“Salah satunya jembatan yang berbatasan antara Kecamatan Tibawa dan Kecamatan Bongomeme, mimimal karung pasir atau beronjong”, harap politisi Golkar ini.

Sementar itu, KaSatker Operional dan Pemeliharaan Balai Wilayah Sungai Bpk Moh Isnaen Muhidin, ST, MT mengatakan, pihaknya akan melakukan upaya penanganan secepatnya, melalui anggaran tanggap darurat. Sebab, adanya keterbatasan anggaran yang pada tahun ini, hanya dianggarkan kurang lebih Rp700 Juta.

“Disamping itu, kami saat ini pun tengah berusaha menangani, dampak yang sama di beberapa tempat. Seperti, kejadian banjir yang melanda daerah sekitar Polres Limboto dan beberapa tempat lainnya di Kabupaten Gorontalo“, jelasnya.

(Rinto/Read)