DPRD Provinsi Gorontalo Dorong Warga Adaptasi Produksi Batako Pakai Mesin

Produksi Batako

READ.ID – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo Espin Tulie mendorong generasi muda agar memiliki minat dalam usaha pembuatan Paving Block atau Batako, dengan menggunakan mesin. Dorongan ini disampaikannya, saat melakukan studi komparasi, dan pengamatan terhadap aktivitas di CV. Mutiara Baja Teknik (MBT) Surabaya, Rabu (23/6/2021).

Espin mengemukakan, dalam pengamatan tersebut, aktivitas produksi Paving Block atau Batako dengan menggunakan mesin sangat membantu dalam memproduksi dengan jumlah yang banyak, dibandingkan secara manual. Selain menghemat waktu, juga jumlah produksi pun dapat selesai dan tercukupi sesuai permintaan.

“Dari segi harga mesin memiliki variasi, mulai dari mesin kecil yang ditaksir kurang lebih sebesar 90 Juta,” ungkap srikandi partai PDIP ini.

Menurutnya, dengan harga seperti ini, dapat dijangkau oleh masyarakat, khususnya yang bergerak dalam usaha industri percetakan. Untuk masalah teknis sendiri, kata Espin, seperti pelatihan dan pengoperasioanl alat tersebut, dapat dilakukan melalui kerjasama dengan pemerintah.

“Jadi hal seperti ini, dapat kita tiru atau praktekkan oleh masyarakat Gorontalo,” sambung Espin.

Selanjutnya, kita dapat membeli mesin tersebut, kemudian kita latih, dan dijalankan, sehingga masyarakat bisa mengelolahnya sendiri, tandasnya.

(Rinto/Read)