DPRD Provinsi Gorontalo Gelar Rapat Paripurna Peringati HUT ke-21

HUT Provinsi Gorontalo

READ.ID – DPRD Provinsi Gorontalo menggelar rapat Paripurna, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-21 Provinsi Gorontalo tahun 2021, yang diperingati setiap tanggal 5 Desember.

Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Paris Jusuf menyampaikan, permohonan maaf kepada semua pihak, bahwa dalam peringatan HUT Provinsi Gorontalo kali ini tidak dilaksanakan semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Alasannya, kata Paris Jusuf, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Tentunya, hal ini menjadi keprihatinan bersama, sehingganya pelaksanaan rapat paripurna HUT Provinsi Gorontalo ke 21 Tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana, tanpa mengurangi makna peringatan hari jadi daerah tercinta ini”, ungkap Paris Jusuf, saat memimpin rapat paripurna, Senin (6/12/2021).

Paris Jusuf menjelaskan, pada momentun peringatan HUT ke-21 ini, bukan hanya semata-mata untuk mengenang dan berbagi cerita, bukan sekedar bergembira atau sekedar sebuah kegiatan serimonial belaka.

Namun, sebagai wahana retrospektif, introspektif dan prospektif.

“Arti retrospektif sendiri, adalah berupaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah sangat bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan”, jelas Paris Jusuf.

Sementara itu, arti dari instrospektif sendiri, yaitu menjadikan sebagai sarana mawas diri atau instrofeksi diri.

“Nah, dengan demikian setiap etape perjalanan kedepan akan bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan”, sambung politisi Golkar ini.

Selanjutnya, untuk maksud dari prospektif, adalah berusaha dan berupaya mendesain atau merancang sebuah masa depan, berdasarkan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah dimasa lalu, tambahnya.

Paris Jusuf juga menambahkan, sebagai masyarakat Provinsi Gorontalo, kita wajib bersyukur dengan hari kelahiran tersebut, dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah dengan karya nyata.

“Mari, kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan, dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas demi meraih cita-cita masa depan yang lebih baik”, tandasnya.

(Rinto/Read)