TanggalApril 10, 2021

DPRD Provinsi Gorontalo Koordinasi Pencegahan Covid-19 di Wilayah Perbatasan

Pencegahan Covid-19 Gorontalo

READ.ID – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo melakukan koordinasi pencegahan Covid-19 di wilayah perbatasan Gorontalo dan Sulawesi Utara. Koordinasi ini laksanakan di Puskesmas Buko, Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara, Rabu (3/3/2021).

terhadap

Wakil Ketua Komisi IV Sofyan Puhi mengatakan, koordinasi tersebut mengenai fasilitas kesehatan, dan persyaratan orang keluar masuk di wilayah perbatasan di masa pandemi.

Puskesmas Buko, kata Sofyan, merupakan garda terdepan di wilayah perbatasan. Tujuannya, kata Sofyan, untuk menindaklanjuti pasca pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Sebab, ada kebijakan-kebijakan lain yang diambil oleh masing-masing daerah, setelah dilaksanakannya PSBB,” tuturnya.

Sofyan menuturkan, meskipun PSBB tidak diterapkan lagi, bukan berarti aturan ketat terhadap protokol kesehatan untuk Covid-19 sudah tidak ada lagi, tetapi ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para pelintas batas sendiri.

Misalnya, harus mengikuti traking ataupun razia yang dilaksanakan olah pihak kepolisian dan tim gabungan untuk mencegah penyebaran Covid-19, tambah Sofyan.

Menurut ia, diantara dua daerah perbatasan antara masyarakat Atinggola dan Masyarakat Buko, tidak boleh harus di perlakukan sama dengan para pelintas yang lain, dalam penanganan pencegahan Covid-19.

“Alhamdulillah, di Puskesmas Buko ini, selalu siap siaga,” lanjut Sofyan.

Nantinya, dari hasil pertemuan ditingkat Puskesmas ini, akan dikoordinasikan di tingkat atas sebagai pengambil kebijakan.

“Tujuannya, agar tidak terjadi lagi perbedaan pendapat di antara dua wilayah, seperti yang terjadi saat pelaksanaan PSBB kemarin,” ucap Politisi Nasdem ini.

(Rinto/Read)