DPRD Provinsi Gorontalo Monitoring Pelaksanaan PPKM Mikro

PPKM Mikro

READ.ID Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo menyampaikan apresiasi kepada Desa Sipayo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, sebagai desa yang patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19, serta penerapan PPKM Mikro.

Hal ini terbukti, dari laporan pemerintah desa, yang menyatakan masyarakat di Desa Sipayo, belum ada yang terkonfirmasi kasus positif.

“Artinya, Desa Sipayo menjadi desa yang tangguh dalam mempertahankan nol kasus Covid-19, meskipun Kabupaten Pohuwato sendiri, masuk dalam wilayah zona merah, ” ungkap anggota Komisi I Oktohari Dalanggo, saat melakukan monitoring optimalisasi posko kampung tangguh dan PPKM Mikro dalam rangka pencegahan penularan covid 19, Kamis (9/9/2021).

Selain itu, untuk jumlah warga yang melakukan vaksinasi sendiri, Oktohari menjawab masih sangat rendah. Mengingat, dari jumlah penduduk di Desa Sipayo sebanyak 1222 warga yang wajib vaksin, hanya terdapat 300 orang yang telah melakukan vaksinasi.

“Ini menunjukkan vaksinasi di Desa Sipayo masih tergolong rendah, yaitu hanya ada sekitar 30 persen,” tegas Oktohari.

Menurutnya, dari informasi yang diperoleh, faktor-faktor masyarakat di desa Sipayo sendiri, yang mengaku masih enggan melakukan vaksinasi, dikarenakan adanya banyak menerima informasi hoax mengenai vaksin. Dan bukan dikarenakan, takut untuk di suntik.

Terkait hal ini, pihaknya pun meminta kepada Dinas Kesehatan, agar dapat melaksanakan kegiatan vaksinasi di desa-desa, dan tidak lagi dilaksanakan di Puskesmas.

“Sebab, dengan dilaksanakan di desa-desa, masyarakat akan mudah mendatangi kegiatan vaksinasi, mengingat jarak yang ditempuh lebih dekat, dibandingkan harus mendatangi Puskesmas,” tandasnya. (Rinto/Read)