DPRD Provinsi Gorontalo Tanggapi Aksi Protes Warga Penambang

DPRD Provinsi Gorontalo Konflik Batu Hitam

READ.ID -Pihak DPRD Provinsi Gorontalo menerima sejumlah tuntutan dari masyarakat penambang yang ada di Kabupaten Bone Bolango, terkait dengan masalah wilayah pertambangan, Senin (14/11/2022).

Menjawab hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Moh. Kris Wartabone menegaskan, jika pihak legislatif sendiri telah melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian yang terkait.

Dikatakan Kris Wartabone, pihaknya pun menantang pemerintah daerah baik kabupaten maupun provinsi, untuk memperjelas masalah pertambangan yang ada di Provinsi Gorontalo.

Menurutnya, jangan sampai rakyat penambang terus menggantung atas tuntutan mereka, yang sampai saat ini selalu dikeluhkan tetapi tidak ada respon.

“Jadi, bukanlah fakta integritas yang dibutuhkan, tetapi tindaklanjut secara fisik dengan membahas bersama dengan pemerintah pusat”, ungkap Politisi PDIP ini.

Bagi Kris sendiri, yang menjadi persoalan saat ini adalah wilayah pertambangan yang ada di Pohuwato dan Bone Bolango.

Mengingat juga, pihak Kementerian sendiri, tidak bisa melakukan apa-apa, karena rakyat menduduki wilayah yang mempunyai izin.

“Olehnya, untuk mencari solusi tersebut, maka kami siap memfasilitasi pemerintah daerah kabupaten maupun provinsi, perwakilan penambang, untuk duduk bersama pihak Gorontalo Mineral guna menyelesaikan permasalahan ini”, pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60