TanggalApril 13, 2021

DPRD Provisi Gorontalo Bersinergi dengan Pemda Bolmut Soal Penanganan Banjir

Penanganan Banjir Gorontalo

READ.ID – Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) soal penanganan banjir di sungai Andigile, yang menjadi batas alam wilayah Provinsi Gorontalo dan Sulawesi utara.

Sungai yang diketahui menghubungkan antara Kabupaten Gorontalo Utara dan Bolaang Mongondow Utara itu, diharapkan dapat terjalin sinergitas dalam penanganan penyebab banjir.

Hal ini dikatakan, anggota Komisi III Sun Biki, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Rabu (24/2/2021).

Sun Biki menyampaikan, penanganan sungai tersebut saat ini sudah dapat dikatakan mendesak. Pasalnya, banjir yang melanda  di dua daerah tersebut, sering terjadi dari tahun ke tahun.

Sehingga, kata Sun Biki, alokasi dana APBN yang relatif terbatas dapat di gunakan secara efektif dan efisien, dalam menangani banjir.  Meskipun, biaya penanganan sudah di alokasikan melalui dana APBN pada Balai Sungai Sulawesi Utara.

“Olehnya, dengan adanya pertemuan dengan pihak pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, diharapkan ada upaya koordinasi dan sinergitas dalam mengatasi banjir di dua daerah tersebut,” tutur politisi Golkar ini.

Sementara itu, Bupati Bolaang mongondouw Utara Deprie Pontoh menjelaskan,  bahwa Sungai Andegile telah di tetapkan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu lokasi prioritas yang mendapatkan perhatian serius utk penanganan.

Pihaknya menyambut gembira kolaborasi dan kerja sama antara dua kabupaten di perbatasan wilayah guna menyelamatkan masyarakat yang ada didua daerah tersebut.

(Rinto/Read)