Dua Penambang Emas Tewas Tertimbun Longsor di Pohuwato

Longsor Tambang Pohuwato

READ.ID – Dua orang penambang emas tewas tertimbun longsor di lokasi tambang ilegal yang berada Desa Mekar Jaya, Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Minggu (17/1/2021).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pohuwato, Ramon Abjul mengungkapkan, kedua penambang ini bernama Anto (30 tahun) dan Ipin (27 tahun) yang merupakan warga Desa Huwango, Kecamatan Bilihu, Kabupaten Gorontalo.

“Keduanya tertimbun longsor pada hari Minggu dini hari sekitar pukul 03.00 wita,” ungkap Ramon saat diwawancarai Read.id.

Kata Ramon, longsor terjadi diakibatkan hujan yang mengguyur di wilayah Pohuwato. Sehingganya menyebabkan ada dua korban di tambang Taluditi.

“Kedua korban ditemukan warga sudah tercampur lumpur dan dalam kondisi meninggal dunia. Kami mendapatkan informasi, keduanya terhempas material longsor sehingga tidak bisa menyelamatkan diri,” ucapnya.

Setelah kejadian, tutur Ramon, pihak BPDB bersama TNI-Polri dibantu warga mengevakuasi kedua korban dari lokasi tambang menuju rumah sakit Bumi Panua Pohuwato.

“Keduanya saat ini sudah dibawa ke rumah duka di Kabupaten Gorontalo,” pungkasnya.

(RL/Read)