Dukung Perkembangan Potensi Wisata, BI Perwakilan Gorontalo Sediakan Lapak UMKM di Torosiaje

UMKM Torosiaje

READ.ID – Upaya mendukung perkembangan dan kemajuan potensi wisata, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Gorontalo menyediakan lapak untuk Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) untuk masyarakat yang berada di Desa Wisata Torosiaje, Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato.

Dijelaskan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Ridwan Nurjamal, lapak yang diserahkan pada Tahun 2021 kepada kelompok wisata terapung Torosiaje itu, merupakan bagian dari program dedikasi untuk Negeri sebagai bentuk nyata aksi kepedulin BI terhadap masyarakat Indonesia.

Disampaikanya pula, program tersebut, adalah upaya BI dalam mendukung pemerintah terhadap pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19.

“Khususnya saat ini, dalam mendukung pemerintah mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan dan peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat,”ungkapnya saat dikonfirmasi oleh tim Read.id, Rabu (07/12/2022)

Selanjutnya, dibeberkan Ridwan, lapak UMKM untuk kelompok wisata Torosiaje itu, dibangun dengan anggaran yang bersumber dari program Dedikasi Untuk Negeri, dan juga mendapat dukungan dari DPR RI dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Pohuwato.

Dikatakan Ridwan, dediksi untuk Negeri sendiri adalah program sosial yang dilakukan secara sistematis dan terencana melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat dan kepedulian sosial, yang bertujuan untuk mendukung efektivitas kebijakan, komunikasi dengan masyarakat, kepedulian sosial dan aktivitas pemberdayaan masyarakat.

“Program ini memiliki banyak ruang lingkup, khusus untuk Lapak UMKM di Torosiaje itu masuk dalam ruang lingkup Penguatan pariwisata dan Pemberdayaan UMKM Subsisten, Kami memberikan lapak itu dengan tujuan penambahan attraction dan amenities sebagai penunjang pariwisata dan untuk memberikan tempat usaha yang layak untuk UMKM UMKM yang ada di Torosiaje,”tuturnya

Ditambahkan Ridwan, Kabupaten Pohuwato merupakan salah satu wilayah di gorontalo yang memiliki banyak keindahan alam pulau dan pantai nan menawan, termasuk diantaranya Desa Torosiaje terapung dengan keunikan yang tidak akan dijumpai di tempat lain.

Keunikan tersebut menurut Ridwan, dibarengi dengan beberapa kuliner yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, menjadikan Desa Torosiaje apabila dibina dengan baik, dapat menjadi destinasi wisata favorit baru bagi wisatawan.

“Kantor Perwakilan BI Provinsi Gorontalo dalam rangka mengimplementasikan Program Dedikasi Untuk Negeri Penguatan Pariwisata, telah melakukan survei asesmen kelayakan serta analisa kebutuhan di beberapa destinasi wisata unggulan di seluruh wilayah Gorontalo,”pungkasnya

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60