Festival Pangan Lokal Gorontalo Picu Pangan Berkualitas

READ.ID – Dinas Pangan Provinsi Gorontalo terus mensosialisasikan manfaat dari mengkonsumsi pangan lokal yang sehat, bergizi dan aman lewat ajang Festival Pangan Lokal yang berkualitas tinggi.

Festival Pangan Lokal yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana tahun seblumnya namanya adalah lomba cipta menu.


banner 468x60

“Yang membedakan lomba dan festival itu kalau lomba itu dia kita menilai proses dari awal. Bagaimana bahan bakunya, kemudian bagaimana mengolah dan seterusnya sampai penyajiannya,” kata Sila Botutihe Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo.

Tapi kalau untuk tahun 2019, karena dia festival jadi langsung menilai tampilan masing-masing. Untuk peserta sendiri, diikuti oleh perwakilan dari semua kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo, tidak hanya keterwakilan ibu PKK namun juga dari masyarakat.

“Ini rutin dilasanakan setiap tahun oleh Dinas Pangan, secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional,” jelasnya.

Rencananya pemenang Festival Pangan Lokal tingkat provinsi ini, akan mengikuti ajang yang sama di tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Intinya Festival Pangan Lokal ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah. Ketahanan pangan daerah itu sendiiri adalah kondisi di mana terjaminnya kehidupan masyarakat yang sehat, berkualitas, cerdas dan bekerja secara produktif,” tegas Sila.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90