Fory Naway Ajak Forum Anak Lestarikan Danau Limboto

READ.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway mengajak semua pihak agar melestarikan danau limboto sebagai sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup.

Hal ini disampaikan Ketua TP PKK, Fory Naway saat menjadi narasumber pada kegiatan konferensi forum anak peduli danau limboto, di resto pentadio resort, kawasan danau limboto, Selasa (23/11/2022).

Menurut Fory, Manusia dan danau saling membutuhkan,keberlanjutan keduanya ditentukan oleh terbentuknya dan terpeliharanya hubungan yang serasi antara manusia, ekosistem akuatik dan lanskap yang saling mengisi dan saling mengupayakan kecukupan bagi semua

“Bahkan Guru besar tetap di Universitas Negeri Gorontalo itu menyebut begitu banyak fungsi dan manfaat danau Limboto,” ujarnya.

Sebagai sarana irigasi, Sebagai tempat persediaan air bersih, Budidaya perikanan darat, Sebagai tempat rekreasi dan sarana olahraga, Sebagai tempat habitat bagi tumbuhan dan satwa serta Sebagai sarana penelitian dan pendidikan

Ia pun menegaskan, Danau Limboto kini semakin kritis, tanggung jawab siapa? Kata Fory Naway, Kondisi Danau Limboto yang dipenuhi jaring apung masyarakat yang memicu suburnya enceng gondok.

“Danau Limboto telah mengalami pendangkalan yang sangat serius Untuk itu, keberadaan Danau Limboto menjadi tanggung jawab bersama semua pihak termasuk forum anak cinta danau limboto di Kabupaten Gorontalo,” terangnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo itu menuturkan, Mengapa danau limboto perlu diselamatkan. Karena bagi Fory Naway Danau Limboto sebagai sumber kehidupan bagi Masyarakat.

“Jika tidak dilakukan upaya pelestarian, danau ini bisa hilang,”beber Fory Naway.

Ia pun mengajak kepada semua pihak agar menyelamatkan danau limboto. Danau Limboto menjadi muara beberapa aliran sungai di Gorontalo. Danau Limboto bisa menjadi objek wisata menarik bagi wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara

“Ayo Selamatkan Danau Limboto. Danau Limboto berada tidak jauh dari objek wisata Pentadio Resort Kabupaten Gorontalo, maka perlu selalu dibuat event, seperti Fesvital pesona Danau Limboto. Memberi akses kepada pengunjung agar bisa memancing ikan di Danau Limboto sembari menatap matahari tenggelam dari danau atau pantai. Di danau juga wisatawan dapat melihat puluhan jenis burung migran yang biasa singgah saat musim migrasi,”tandasnya.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version