Fraksi Gabungan DPRD Gorut Beri Catatan Terkait Ranperda APBD-P 2022

READ.ID – Fraksi Gabungan Para Bintang DPRD Gorontalo Utara (Gorut) menyetujui terhadap rancangan perubahan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD-P) tahun anggaran 2022 untuk di bahas ke tahap lebih lanjut.

Dalam persetujuan itu, melalui juru bicara Fraksi Gabungan Para Bintang, Herniyati Moridju menyampaikan sejumlah catatan kepada pemerintah daerah setempat terhadap rancangan APBD-P tahun anggaran 2022. Adapun catatan tersebut yakni:

1. Pemerintah daerah diharapkan tetap fokus, dalam hal pembangunan dan perawatan struktur, infrastruktur, serta pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

2. Pertumbuhan lapangan usaha sektor pertanian, perikanan maupun kehutanan, kedepannya dapat memperoleh porsi perhatian yang lebih dari pemerintah daerah kabupaten Gorontalo Utara.

3. Pemerintah daerah perlu melakukan upaya yang serius dan sungguh-sungguh, guna meningkatkan pendapatan daerah setiap tahunnya. Dengan kebijakan yang tepat dan terukur, tidak mustahil target pajak dan retribusi daerah akan dengan mudah tercapai.

4. Pembaharuan pada sektor pendidikan agar terus dioptimalkan, dengan meningkatkan kompetensi terhadap tenaga pendidik, peningkatan terhadap kesejahteraan tenaga pendidik juga peningkatan terhadap infrastruktur pendidikan.

5. Dalam rangka pembangunan urusan kesehatan, pemerintah daerah kabupaten Gorontalo Utara agar terus mendorong upaya pelayanan kesehatan yang optimal secara promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

6. Kedepan pemerintah daerah kabupaten Gorontalo Utara harus sigap dan tanggap dalam menindaklanjuti berbagai macam temuan dan sebab akibat dari berbagai jenis lembaga pemerintahan di kabupaten Gorontalo Utara demi mewujudkan wajah birokrasi yang bersih dan transparan.

Pada prinsipnya, Herniyati mengatakan, pihaknya berharap agar rancangan APBD-P ini nantinya mampu menjawab seluruh kebutuhan masyarakat dengan mengedepankan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami fraksi gabungan para bintang selaku mitra kerja pemerintah daerah yang mengemban fungsi lembaga wakil rakyat akan selalu mendukung mengapresiasi dan mengawasi setiap kebijakan pemerintah daerah,” tukasnya.

 

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60