Gagal Panen Akibat Banjir, DPRD Gorut Minta Keseriusan Bupati

Foto Ilustrasi

READ.ID – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Lukum Diko, mengaku cukup prihatin dengan kondisi masyarakat petani di Kecamatan Anggrek yang terpaksa gagal panen akibat lahan sawah yang terendam banjir bandang sejak seminggu belakangan.

Melihat kondisi itu,  Anggota Fraksi Golkar DPRD Gorut ini meminta keseriusan pemerintah daerah setempat dalam menangani masalah banjir di kawasan tersebut.

“Jadi ini bukan lagi bicara soal banjir, karena bicara banjir itu musiman. Akan tetapi bencana yang saat ini terjadi, itu sudah setiap harinya dirasakan oleh masyarakat anggrek tepatnya di desa Ilangata, khususnya para petani,” kata Lukum saat dihubungi, Jumat (24/9/2021).

Lukum mengatakan, bahwa sebelumnya sempat beredar video masyarakat petani di Kecamatan Anggrek yang menaiki perahu di sekitar areal lokasi persawahan dan membuat dirinya menaruh rasa prihatin terhadap kondisi tersebut serta menyayangkan.

“Kasihan sawah mereka sudah tidak bisa difungsikan lagi. Bahkan tanaman padi warga yang tinggal beberapa hari lagi, justru sudah tidak bisa untuk dimanfaatkan karena terpaksa gagal panen akibat terendam banjir,” terangnya.

Menurut Lukum, sangat disayangkan jika kondisi banjir yang merendam sawah masyarakat tersebut dibiarkan, tentunya akan berdampak pada faktor ekonomi terhadap petani yang ada di kecamatan anggrek.

“Karena mereka ini kan punya anak dan istri yang harus di biayai, kemudian jika pekerjaan mereka hanya berpaku di profesi petani, serta harus gagal panen. Maka hal ini akan sangat berdampak kepada kehidupan mereka sehari-hari,” tutur Lukum.

Untuk itu, lanjut Lukum meminta kepada pemerintah daerah agar lebih serius menangani persoalan banjir yang dialami oleh masyarakat petani di Kecamatan Anggrek. Sebab kata dia kejadian itu bukan sekali terjadi, namun sudah dari tahun ke tahun. Bahkan di setiap momen sering kali disampaikan kepada pemerintah daerah.

“Saya berharap agar pemerintah daerah atau dalam hal ini Bupati untuk dapat membuka hati, karena kami tahu bupati orang yang sangat peduli terhadap kesusahan dari masyarakat. Maka lagi-lagi Bupati diharap untuk bisa serius terhadap kondisi ini!,” tegasnya. (Rully)