Tanggal07/12/2019

Gerai Nelayan Pas Kecil akan segera dibangun

READ.ID – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo akan membangun Gerai Nelayan Pas Kecil untuk kapal di bawah 7 GT (Gross Ton) di kabupaten/kota.

Pas Kecil adalah surat tanda kebangsaan kapal bagi kapal di bawah GT 7 yang diberikan sebagai legalitas untuk dapat mengibarkan bendera kebangsaan kapal, termasuk kapal penangkap ikan.

Rencana ini merupakan bentuk komitmen untuk membantu nelayan dalam pengurusan kelengkapan dokumen kapal termasuk pas kecil.

“Kegiatan ini sangat penting mengingat kurangnya pengetahuan nelayan tentang pentingnya Pas Kecil sebagai prasyarat untuk melaut,”tuturnya.

Muhiddin memaparkan rencana kegiatan ini akan digelar di tiga titik yakni di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

“Pengurusan ini digratiskan dan tidak dipungut biaya agar semua nelayan yang kapalnya kurang dari 7 GT bisa memiliki sertifikat Pas Kecil, mengingat ke depan akan diperketat dan akan dilakukan penindakan atas persyaratan administrasi tersebut,”ujarnya. (Adv/RL/Read)