Gorut Akhirnya Lolos Zona Hijau Standar Pelayanan Publik 2021

Suleman Lakoro

READ.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), meraih zona hijau kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2021 berdasarkan hasil penilaian Ombudsman RI. Sebelumnya Gorut masuk dalam Zona Kuning.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut, Suleman Lakoro mengatakan, dari hasil penilaian tersebut, Gorontalo Utara memperoleh nilai 83,5 dan menjadi satu-satunya daerah di provinsi Gorontalo yang masuk zona hijau.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil rilis singkat penilaian oleh Ombudsman pusat tahun 2021, kita berada di zona hijau, dan itu artinya pelayanan kita sudah semakin membaik dari tahun-tahun sebelumnya yang masih berada pada zona merah dan kuning,” ujar Suleman.

Suleman menjelaskan, terkait dengan penilaian pelayanan publik, ada beberapa indikator yang mendasari khususnya terhadap OPD yang dinilai, terutama menyangkut SOP yang berisikan tentang jenis pelayannya.

“Mekanisme dan persyaratannya seperti apa, kemudian waktu pelayanan berapa lama, termasuk biayanya. Artinya, secara transparan telah dicantumkan dalam sebuah baliho yang mudah dibaca oleh masyarakat yang akan dilayani,” terangnya.

Selain itu, soal sarana prasarana pelayanan penyandang disabilitas, maka yang perlu disiapkan fasilitas, seperti ruang tunggu, ada tangga khusus. Demikian juga untuk anak disiapkan tempat bermain khusus, serta tempat bagi ibu menyusui.

“Termasuk menyiapkan sarana tambahan, seperti TV, ruang ber-AC dan tempat duduk yang nyaman. Tentu itu sedikit demi sedikit akan kita siapkan, sehingga mereka yang dilayani bisa nyaman, kemudian puas terhadap pelayanan kita, itu yang paling pokok,” tukasnya.

Oleh karena itu, Suleman berharap kedepan dengan telah di launchingnya Core Values ASN “BerAKHLAK” dan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa” akan menjadi motivasi setiap ASN di Gorut untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Terutama, untuk menyiapkan sarana prasarana supaya masyarakat yang datang dilayani itu akan merasa nyaman. Insya Allah tahun yang akan datang, paling tidak kita akan tetap pertahankan pelayanan publik Gorut berada di zona hijau,” tegasnya.