GOW Kabupaten Pohuwato Permantap Kecakapan Berbahasa Daerah

READ.ID – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pohuwato, mempermantap kecakapan berbahasa daerah Gorontalo untuk para anggotanya, lewat workshop public speaking.

pahlawan

Diketahui, workshop tersebut diselenggarakan oleh bidang pendidikan GOW Pohuwato, yang menghadirkan pemateri Hj. Nurmin Mertosono, dan dihadri 50 peserta dari 17 Organisasi itu, bertempat di aula rumah jabatan Wakil Bupati (Wabup) Suharsi Igrisa, Sabtu (16/10/2021).

Wabup Suharsi Igrisa, juga selaku Ketua GOW Pohuwato menjelaskan, kegiatan itu dipandang penting guna meningkatkan kwalitas wanita, terkhusus dalam pengetahuan bahasa daerah Gorontalo, baik untuk anggota yang asli putri daerah maupun yang berasal dari luar.

“melalui public speaking bahasa daerah Gorontalo, kita tingkatkan kualitas wanita Pohuwato. Ini sangat baik untuk dilakukan. Khusunya bagi kita dalam berbahasa Gorontalo, karena itu merupakan identitas kita yang ada di daerah. kita yang berada di Gorontalo harus tahu itu, tentu yang dari luar daerah pun kiranya bisa menggambarkan saja bagaimana bahasa tersebut,” tuturnya.

Di sisi lain, Suharsi menyampaikan, melalui ini juga, peserta dapat mengetahui bagaimana bahasa gorontalo yang benar dan benar, menurutnya, bahasa bahasa ini kadang kala dengan penyebutan yang salah, pengertiannya juga akan berbeda.

Dirinya mencontohkan, seperti kata dila, yang bisa diartikan lidah, juga bisa berarti tidak, hal tersebut yang menurutnya, meski sudah tahu namun perlu dipermantap pada kegiatan tersebut agar tidak terjadi kekeliruan dalam penggunaan setiap kata.

“Pemateri bukan menggurui tetapi meluruskan, membenarkan, serta menambah wawasan kita dalam bahasa Gorontalo, olehnya terima kasih banyak atas kehadiran perkenaanya mengikuti kegiatan kami,” pungkasnya.

(JK/Read)