Gubernur Gorontalo Dorong ABK dan Buruh Kapal Jalani Vaksinasi

Gubernur Gorontalo

READ.ID – Gubernur Rusli Habibie melakukan peninjauan kegiatan Swab PCR bagi ASN, PPNPN Kantor KSOP Kelas III Gorontalo, serta seluruh Anak Buah Kapal (ABK) dan buruh, Senin (10/1/2022).

Saat diwawancarai, Rusli Habibie menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan ini, merupakan instruksi Presiden yang wajib dilakukan.

Mengingat, kata Gubernur, pelabuhan merupakan tempat umum, yang menjadi jalur masuk dan keluar melalui kapal laut.

“Sehingga, diperlukan proteksi juga, agar tidak ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 ataupun kasus virus Omicron”, ungkap Rusli Habibie.

Terlebih lagi, sambung Gubernur, untuk virus Omicron, yang saat ini mulai muncul di Indonesia, harus bisa diantisipasi terlebih dahulu.

Untuk itu, Rusli Habibie menekankan kepada pihak kantor Pelindo Gorontalo, untuk memasang barkot aplikasi Peduli Lindungi, pada pintu masuk pelabuhan, agar benar-benar steril.

Rusli Habibie menambahkan, terkait kebijakan Antigen bagi warga yang melakukan perjalanan, masih tetap berlanjut terus.

“Nah, hari ini kita melaksanakan swab PCR, dan bukan lagi antigen”, tegas Rusli Habibie.

Tidak hanya itu, Rusli Habibie pun menghimbau kepada pihak Kantor KSOP Kelas III Gorontalo, untuk memastikan seluruh ABK kapal, baik penyebrangan, Pelni, maupun Tol Laut, agar harus memiliki kartu Vaksin.

“Jika tidak mempunyai kartu vaksin, maka yang bersangkutan tidak boleh turun, terutama ABK kapal”, pesannya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas III Gorontalo Taher Laitupa menegaskan, siap menindaklanjuti himbauan dari Gubernur Rusli Habibie tersebut.

Dirinya menerangkan, terkait pelayanan, terutama protokol kesehatan, masih tetap dijalankan.

“Terutama, bagi penumpang yang turun maupun berangkat dari kapal, tetap diberlakukan adanya tes Antigen”, tandasnya.

(Rinto/Read)