Gubernur Sumatera Selatan Sebut Rusli Habibie Pemimpin Adalah Cerdas

Pemimpin Cerdas

READ.ID – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyebut Rusli Habibie adalah seorang pemimpin cerdas layaknya tokoh-tokoh Gorontalo lainnya yang terkenal di kancah nasional.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Griya Agung, Rumah Jabatan Gubernur di Palembang, Kamis (29/10/2020).

“Kita tau banyak orang Gorontalo yang sukses, nah beliau ini adalah keponakannya pak BJ Habibie. Kalau soal kecerdasan tidak diragukan lagi. Pak BJ Habibie memang lahir di Pare-Pare, tapi aslinya orang Gorontalo,” ujar Herman.

Selain diakui sebagai pemimpin cerdas, Herman mengatakan Rusli sebagai guru politiknya. Ia juga mengaku mengikuti kiprah Rusli melalui media sosial.

Cara Rusli menangani covid-19 yang terus diapresiasi pemerintah pusat membuat mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur terkesan.

“Sebagai gubernur tentu saya berharap bisa memberikan ilmunya kepada saya untuk bisa dipercaya masyarakat. Saya tau Abang Rusli dicintai masyarakatnya. Saya ikuti Abang waktu penanganan covid-19, Abang selalu jadi tranding topic terus,” imbuhnya.

Perjalanan karier Rusli menurut Herman nyaris seperti dirinya. Pernah menjabat Bupati Gorontalo Utara, jadi Gubernur Gorontalo dan pernah berstatus kontraktor dan pengurus Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi).

“Saya pengen ngikuti perjalan karir abang. Saya pernah di Gapensi tapi enggak pernah jadi ketua, pengurus-pengurus aja,” imbuh gubernur yang menjabat sejak Oktober 2018 lalu itu.

Sambil berkelakar, Herman berharap Rusli bisa menginap di rumah jabatan gubernur itu.

Menurutnya, setiap pejabat yang bermalam di situ akan menjadi presiden. Herman tidak merinci siapa saja yang pernah menginap di sana.

Sementara itu, Gubernur Rusli menyebut persahabatan dirinya dengan Herman Deru tidak melihat warna. Meski berbeda partai, keakraban keduanya tanpa sekat.

“Beliau di Nasdem saya Ketua DPD I Golkar, meski begitu kita berteman baik,” ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Rusli Habibie mendapat kehormatan menjadi Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Gorontalo.

Rusli bahkan dianugerahi gelar Datuk Sri dan diharapkan bisa mengembangkan adat dan budaya Melayu dan dunia Islam tanah air.

(RL/Read)