Hadiri Bimtek Seni Rupa Kemenparekraf, Ini Harapan Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo

Pariwisata Provinsi Gorontalo

READ.ID – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Aryanto Husain menyambut baik kegiatan bimbingan teknis sub sektor seni rupa, bagi pelaku ekonomi kreatif di Gorontalo. Yakni, yang melibatkan para pengrajin seni rupa dalam menopang industri ekonomi kreatif daerah.

Menurut Aryanto Husain, kondisi industri ekonomi kreatif vakum selama 3 tahun ini, dikarenakan adanya wabah pandemi covid-19, yang melanda Indonesia, termasuk Provinsi Gorontalo. Sehingga, kata Aryanto, hal tersebut berdampak pada terpuruknya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama bagi para pelaku ekonomi kreatif.

“Olehnya, dalam pelaksanaan bimtek ini, dinilai merupakan salah satu bentuk kepedulian dari komisi X yang bekerjasama dengan SDM Kreatif deputi kelembagaan SDM Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI”, ungkap Aryanto, Selasa (7/3/2023).

Aryanto menambahkan, hal ini bertujuan untuk menghidupkan kembali ekosistem pariwisata daerah, melalui sub sektor seni rupa tahun ini.

Diantaranya, dengan melibatkan para pengrajin, kearifan lokal masyarakat di Provinsi Gorontalo yang memiliki potensi yang unik dan bernilai seni tinggi, bernilai sejarah sehingga pantas untuk ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda dunia.

“Olehnya kami mengharapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat menyediakan berbagai fasilitas, baik pembangunan ruang seni dan budaya, fasilitas forum dan ajang seni rupa bertaraf internasional”, tegas Aryanto.

Terakhir, Aryanto berharap dapat memberikan bantuan program dan kegiatan pusat seni rupa di Gorontalo pada tahun 2023.

“Semoga, bimtek ini dapat membawa manfaat bagi kemajuan pariwisata dan ekonomi masyarakat di Provinsi Gorontalo”, harapnya.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version