Hamim: Kesejahteraan ditingkatkan dengan tetap memperhatikan lingkungan

Lingkungan

READ.ID – Sukses selenggarakan Festival Kabupaten Lestari (FKL) bersama kabupaten Gorontalo, pemerintah kabupaten Bone Bolango akan lakukan aspek keberlanjutan dengan misi menjadikan lingkungan sebagai potensi lokal untuk kesejahteraan masyarakat namun tetap terjaga kelestariannya.

“Bagaimana lingkungan menjadi potensi lokal yang mejadi kekuatan kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta aspek keberlanjutan dan perlindungan apa saja yang terjadi dimasing-masing,” ujar Bupati Bone Bolango, Hamim Pou pada penutupan FKL di kabupaten Bone Bolango. Minggu (28/11/2021)

Kata Hamim Pou, pemerintah kabupaten Bone Bolango akan jadikan lingkungan sebagai potensi lokal bagi masyarakat namun tetap mejaga kelestariannya, serta akan terus dikampanyekan dan dijadikan budaya dimasyarakat.

Ia pun menuturkan sadar akan kelemahan-kelemahan permasalahan tertentu tentang lingkungan di kabupaten Bone Bolango, tapi menurutnya hal tersebut dapat menjadi satu kekuatan, agar pemerintah tidak boleh menyerah dalam menghadapi permasalahan lingkungan yang ada.

Salah satu yang menjadi gerakan pemerintah Bone Bolango, kata Hamim Pou yaitu pengelolaan hutan di Bone Bolango yang lebih dari 20 persen merupakan wilayah taman nasional, dan masih bisa dikelola dengan tetap menguntungkan masyarakat setempat dan menjaga kelestarian hutan.

“Misalnya kita bermitra dengan kementerian negeri dan kehutanan, energi didalam hutan itu, dimanfaatkan menjadi lahan pendapatan masyarakat, kemudian lokasi disana kita jadikan tempat wisata dengan keanekaragaman hayati di dalamnya,” ujar Hamim Pou

“Misalnya satwa-satwa endemik, ada tarsius, anoa, maleo, makaka, dan lain sebagainya sebagai tempat wisata khusus, kemudian sementara kita bangun vila untuk kegiatan penjelajahan, bagaimana kita menanam telur maleo, itu kan menjadi sebuah pendapatan untuk masyarakat yang ada disekitar situ, tanpa merusak hutan,” jelasnya

Ia mengakui di kabupaten Bone Bolango sendiri, masyarakat dalam perihal melindungi hutan sangat nomor satu jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Hal tersebut bisa dilihat langsung dari keadaam kawasan hutan masih sangat terjaga dengan baik kelestariannya.

Penulis: Lis Purnama