Hamim Pou Terus Upayakan Peningkatan Layanan Kesehatan di Bone Bolango

Kesehatan Bone Bolango

READ.IDHamim Pou terus mengupayakan peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Bone Bolango.

Tak hanya itu, Bupati Bone Bolango ini juga terus berkomitmen membangun dan mengembangkan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di daerah setempat.

Sebagai wujud dari komitmen tersebut, Bupati Bone Bolango Hamim Pou meresmikan gedung baru Puskesmas Suwawa Selatan, Jumat (22/1/2021).

“Kita ingin ke depan dengan berbagai perbaikan, penambahan fasilitas di Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan maka kitapun berharap tidak terlalu banyak orang datang ke rumah sakit. Inilah paradigma yang harus kita kembangkan dan harus di pahami,” ujar Hamim dalam arahannya.

Hamim meminta agar puskesmas tidak selalu berkonsentrasi pada pengobatan, melainkan juga mendorong aktivitas yang berkaitan dengan kesehatan seperti senam, jalan sehat dan lain sebagainya.

“Saya minta didorong kegiatan-kegiatan seperti jalan sehat, senam pagi, aerobik di muka kantor camat atau di halaman puskesmas. Ini harus menjadi kebiasaan kita semua di Bone Bolango,” ungkap Hamim.

Dengan kehadiran gedung baru ini, Hamim berharap agar pelayanan kesehatan terhadap masyarakat lebih ditingkatkan lagi.

Bahkan, di tahun ini, kata Hamim, pihaknya akan menambah anggaran untuk pengembangan Puskesmas di Bone Bolango.

“Saya berharap ke depan mudah-mudahan ini derajat kesehatan masyarakat Suwawa Selatan semakin baik sama dengan kecamatan yang lain,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango Meyrrin Kadi mengungkapkan, pada Tahun 2018 Puskesmas Suwawa Selatan memperoleh Predikat Madya.

Ia berharap ke depan hasil akreditasi tersebut bisa lebih baik lagi.

“Pada tahun 2018 Puskesmas Suwawa Selatan diakeditasi dan mendapatkan Predikat Madya. Mudah-mudahan untuk tahun depan untuk pra akreditasi nanti akan mendapakan nilai yang memuaskan,” ungkap Meyrin dalam laporannya.

Saat ini kata Meyrin, Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Puskesmas Suwawa Selatan berjumlah 40 orang.

Masing-masing yakni 20 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), 19 orang Tenaga Kontrak dan Nusantara Sehat satu orang.

“Harapan kami dengan adanya pembangunan puskesmas yang baru ini, semua masyarakat yang ada di Suwawa Selatan dan sekitarnya bisa terlayani dengan baik. Dan paling utama pegawa-pegawai di Suawa Selatan bisa nyaman untuk melayani pasien,” jelas Meyrin.

(RL/Read)