banner 468x60

Harga Beras Naik, Pemkot Kotamobagu Siapkan Pasar Murah

Ariono Potabuga

KOTAMOBAGU, READ.ID – Harga beras di Kotamobagu terus naik dalam dua pekan terakhir.

Pantauan awak media di Pasar Genggulang, harga beras Rp15.000 hingga 15.500 per kilonya. Harga tersebut juga sama di Pasar 23 Maret.

“Kenaikan harga beras ini bagi kami masyarakat tentunya sangat terasa berat. Namun mau bagaimana lagi, meski harganya mahal tetap harus dibeli karena kebutuhan pokok,” ujar salah satu pengunjung Pasar Tradisional Genggulang, sembari berharap adanya intervensi pemerintah daerah dalam menyikapi kondisi ini.

Dihubungi terpisah, Kepala Disdagkop-UKM Kotamobagu Ariono Potabuga mengatakan, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Kotamobagu akan menggelar operasi pasar (Opas) khusus komoditi beras.

“Insyaallah dalam waktu dekat. Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan Bulog dan instansi terkait, untuk rencana pelaksanaan program pasar murah di wilayah Kota Kotamobagu,” kata Ariono, Selasa (20/2/2024).

Ditambahkannya, kenaikan harga beras ini merata secara nasional.

“Kemarin kami baru saja mengikuti rapat tim penanggulangan Inflasi daerah bersama pemerintah pusat. Salah satu yang dibahas soal kenaikan harga beras yang terjadi secara nasional,” terangnya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Kotamobagu, Piter Suli. Menurutnya, waktu dekat akan digelar operasi pasar lewat program GPM atau Gerakan Pangan Murah.

“Untuk waktunya belum tahu, namun yang pasti secepatnya, karena saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Bulog terkait pelaksanaan program GPM di wilayah Kota Kotamobagu,” katanya. (*)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60