Hoax : Menteri Kabinet Indonesia Maju Akan Mundur Dalam Waktu Dekat

Menteri Kabinet Indonesia Maju

banner 468x60

READ.ID – Isu rencana mundurnya sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat, yang sudah banyak beredar di berbagai media, dipastikan tidak benar.

“Kami ingin menyampaikan sebuah pernyataan tentang isu-isu yang beredar mengenai mundurnya menteri di pemerintahan kabinet Indonesia maju, bahwa isu mundurnya menteri bahkan jumlah sampai 15, terus sekarang turun jadi lima itu adalah isu yang sama sekali tidak benar,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dalam konferensi Pers di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, pada Jumat (19/1/2024).

banner 468x60

Menteri Budi Arie menegaskan, pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam Kabinet Indonesia Maju tetap Solid.

Bahkan, hingga saat ini seluruh menteri tetap fokus bekerja di bidangnya masing-masing demi kemajuan bangsa.

“Saya sudah komunikasi dengan Bu Retno (Menteri Luar Negeri Retno Marsudi) misalnya, Menlu yang sudah diisukan mau mundur. Beliau ini sedang mempersiapkan diri untuk debat di Dewan Keamanan PBB tentang Gaza dalam waktu kedepan ini,” ungkapnya.

Menurut Menkominfo, isu ini dimulai dari pendapat atau opini dari seorang ekonom yang disampaikan pada media dalam suatu wawancara.

Namun kemudian isu ini terus berkembang dan bergulir di seluruh media, yang dinarasikan seolah-olah itu adalah fakta agar masyarakat percaya.

“Itu kan opini, orang berpendapat ya. Satu ekonom berpendapat, disampaikan ke media gitu terus semua orang suruh percaya ya nanti dulu, faktanya nggak begitu kok ya. Tapi itu pendapat gitu opini 15 menteri mau mundur,” jelas Budi Arie Setiadi.

Dia juga mengingatkan masyarakat bahwa saat ini Indonesia memasuki masa krusial menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sehingga dimanfaatkan para kontestan untuk melakukan manuver politik.

Untuk itu Menkominfo kembali meluruskan mengenai isu rencana mundurnya sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dan berharap agar media juga tidak mudah percaya dan menyebarkan berbagai isu yang ramai beredar tanpa melakukan konfirmasi.

“Soal isu Menteri mundur, supaya media tidak menulis supaya (masyarakat) percaya digoreng sana sini. Tidak ada (Menteri mundur), semua fokus kerja ngurusin bangsa dan rakyat,” tandas Menteri Budi Arie.

Turut hadir dalam konferensi Pers itu, Wakil Menkominfo Nezar Patria, Staf Ahli Menkominfo Widodo Muktiyo, dan Staf Khusus Menkominfo Sugiharto.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60