Hutan Kota Bonawang Destinasi Favorit Warga Kotamoabagu 

KOTAMOBAGU, READ.ID – Hutan Kota Bonawang di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat, merupakan salah satu destinasi yang menjadi favorit warga Kotamoabagu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, Hutan Kota Bonawang ini masuk dalam destinasi wisata unggulan sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi (KSPP).

“Pada dasarnya BMR, khususnya Kotamobagu, memiliki objek wisata yang luar biasa indahnya, tidak hanya air terjun, namun masih banyak lagi potensi wisata di Kotamobagu,” katanya,” Senin kemarin.

Terpisah, Said Alwi M Ani, salah satu pemerhati lingkungan Kotamobagu mengatakan, keindahan alam dan iklim hutan kota dengan luah sekira 4,3 Hektare  memiliki fungsi menyegarkan udara dan paru-paru kota ini, sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bagi keluarga maupun para pecinta alam.

“Destinasi wisata alam hutan kota, selain memiliki 100 jenis vegetasi/ tanaman juga ada 25 jenis fauna. Untuk fauna diantaranya, monyet, tarsius, ular patola ukuran kecil, ayam hutan, kakak tua, burung hantu dan gagak dan masih banyak lagi. Selain itu, ternyata ditempat tersebut juga terdapat air terjun,” ujarnya.

Menurutnya, sarana dan prasarana yang dibangun diarea Hutan Kota, antara lain, shelter tempat peristirahatan yang berada dipuncak, fasilitas jalan paving  5 arah, sarana tempat penelitian, tempat belajar siswa/mahasiswa dan jalan mendaki paving 60 anak tangga.

“Hutan kota ini sangat baik sekali untuk tempat wisata. Ditempat ini selain para pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk, juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang alam dan lingkungan,” tambahnya.(*)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60