Idris Rahim: Ada tiga pilar yang harus dilakukan dalam membangunan sektor kesehatan

READ.ID – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menyampaikan ada tiga pilar penting dalam membangun sektor kesehatan terlebih khusus di Gorontalo.

Menurut Idris, tiga pilar tersebut adalah paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, serta penyediaan biaya melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Pelaksanaan program Germas, Nusantara Sehat, serta JKN, harus dilaksanakan bersama oleh seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor guna terwujudnya generasi sehat untuk Gorontalo dan Indonesia yang unggul,” tutur Idris saat mencanangkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 tingkat Provinsi Gorontalo, Jumat (1/11)

Berbagai tantangan dalam pembangunan sektor kesehatan seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia yang salah satu indikatornya adalah kesehatan, usia harapan hidup, stunting, serta kasus kematian ibu dan anak maupun gizi buruk, merupakan sebagian dari permasalah di sektor kesehatan yang membutuhkan perhatian seluruh pihak.

Lebih lanjut Wagub mengajak seluruh jajaran kesehatan provinsi dan kabupaten/kota untuk bahu-membahu serta bergerak secara bersinergi untuk membangun sektor kesehatan. (Adv/RL/Read)