Idris Rahim Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-76

Hari Amal Bakti

READ.ID – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menjadi inspektur upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama tingkat Provinsi Gorontalo yang berlangsung di Alun-Alun Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Senin (3/1/2022).

”Kita memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang, serta memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua,” kata Wagub Idris Rahim saat membacakan pidato tertulis Menteri Agama RI.

Idris Rahim mengungkapkan, jajaran Kemenag telah memberikan pelayanan prima bagi umat beragama dengan tetap menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kinerja Kemenag dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020, menjadi 83,92 tahun 2021. Demikian pula halnya Indeks Kerukunan Umat Beragama yang mengalami peningkatan yang pada tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi 72,39 tahun 2021.

Indikator kinerja Kemenag juga terlihat dari meningkatnya Indeks Kepuasan Layanan Kantor Urusan Agama. Pada tahun 2019 tercatat Indeks Kepuasan Layanan KUA sebesar 77,28, naik menjadi 78,90 di tahun 2021.

Dalam pengelolaan keuangan, Kemenag juga mampu mempertahankan prestasi dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

“Berbagai keberhasilan ini tentunya tidak datang begitu saja, tetapi diupayakan secara sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran Kemenag. Ke depan, saya berharap Kemenag Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sesuai dengan tema Hari Amal Bakti tahun ini yaitu transformasi pelayanan umat,” tandas Wagub Idris.

Turut hadir pada upacara itu Bupati Boalemo Anas Jusuf, Bupati Pohuwato Syaiful Mbuinga, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Boalemo.