Idris Sambut Baik Gubernur Sulut Terpilih Ketua BKPRS

Ketua BKPRS

READ.ID – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim sambut baik Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey terpilih menjadi Ketua Umum Badan Kerja Sama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) periode 2020-2023.

Olly Dondokambey terpilih melalui Musyawarah Sulawesi VIII dan pertemuan Gubernur se Sulawesi yang digelar di Novotel Manado, Sulawesi Utara, Senin (2/3/2020). Naskah kesepakatan bersama tentang penetapan dan alih tugas Ketua Umum BKPRS ditandatangani oleh Gubernur se Sulawesi.

Idris berharap, di bawah kepemimpinan Gubernur Sulawesi Utara tersebut pembangunan regional Sulawesi akan semakin maju.

Lebih lanjut, Idris mengutarakan pentingnya untuk merumuskan program strategis BKPRS yang saling bersinergi antara enam provinsi di Sulawesi dengan memperhatikan potensi dan keunggulan masing-masing provinsi.

“Kita harus saling bersinergi untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Sulawesi yang mampu menunjang program pembangunan nasional. BKPRS harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Sulawesi,” tandas Wagub Idris Rahim.

Sementara itu , Olly Dondokambey menitikberatkan pada upaya BKPRS dalam mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi regional Sulawesi melalui hubungan kerja sama yang lebih erat. Olly mengatakan, seluruh provinsi di Sulawesi masing-masing memiliki spesifikasi dan produk unggulannya tersendiri yang jika dikembangkan dan dikerjasamakan dengan baik, manfaatnya akan lebih besar dirasakan oleh masyarakat.

“Tantangan kita ke depan hubungan antara provinsi harus lebih dipererat. Masing-masing provinsi memiliki spesifikasi tersendiri, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menjadi penyangga pangan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara menjadi primadona industri, Sulawesi Utara dan Gorontalo kita kembangkan pariwisatanya karena lebih dekat ke pasifik. Kita semua saling melengkapi dan kalau bisa dikembangkan, pasti manfaatnya sangat baik untuk masyarakat,” jelas Olly.

Lebih lanjut Olly Dondokambey mengapresiasi langkah Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang beberapa waktu lalu telah menggagas Jelajah Wisata Sulawesi. Menurutnya langkah tersebut sangat strategis tidak hanya untuk mempromosikan potensi pariwisata Sulawesi, tetapi juga melihat sejauh mana jalur darat lintas Sulawesi bisa diakses dengan baik guna menjaga distribusi barang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Sulawesi.

“Kemarin pak Gubernur Gorontalo menggelar Jelajah Wisata Sulawesi yang sebenarnya mengajak kita semua untuk melihat jalur Sulawesi itu bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Apa yang sudah dilakukan ini penting agar pada jejak-jejak lintasan itu bisa diketahui apa yang harus kita kembangkan,” imbuhnya. (Adv/RL/Read)