Ikan Maggabai “Hasa dan Aisa” jadi Maskot Pilkada Kabupaten Gorontalo

READ.ID – KPU Kabupaten Gorontalo akhirnya menetapkan jenis ikan ‘Maggabai’ yang disebut “Hasa dan Aisa” menjadi Maskot Pilkada Kabupaten Gorontalo tahun 2024.

Ketetapan itu menjadi keputusan KPU Kabupaten Gorontalo setelah membuka seyembara Maskot untuk Pilkada Kabupaten Gorontalo tahun 2024.

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Roy Hamrain menjelaskan bahwa dipilihnya maskot “Hasa dan Aisa” yang merupakan spesies ikan yang hidup di Danau Limboto Kabupaten Gorontalo.

“Hasa” merupakan akronim dari hak suara, mewakili gender laki-laki dengan karakter tegas, langsung, kuat, mengayomi, jujur dan adil dalam mengambil keputusan.

“Aisa” akronim dari aspirasi suara, mewakili gender perempuan dengan karekter anggun, luwes, tenang, melayani, sabar dalam membuat keputusan.

“Manggabai sendiri memiliki arti Mari Menggunakan Hak Suara Dengan Baik,” kata Roy Hamrain.

Menutur Roy “Hasa dan Aisa” juga merupakan simbol dari mahluk yang bergerak bebas dan terus maju, sebagaimana hakikat pemilu yakni ekspresi kebebasan rakyat dalam berdemokrasi.

Ia menilai Maskot Hasa dan Aisa dapat mewakili semua kalangan generasi tua, muda dan millenial.

“Yang pada intinya kami ingin semua kalangan masyarakat di Kabupaten Gorontalo mensukseskan Pilkada tahun 2024” jelasnya.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version