Irwan Hunawa Minta Penanganan Darurat Atasi Abrasi Aliran Sungai Bulango

READ.ID – Ketua Komisi C DPRD Kota Gorontalo, Irwan Hunawa meminta pemerintah setempat untuk melakukan penanganan darurat terhadap ancaman abrasi di pesisir sungai Bolango di wilayah tersebut.

Hal ini disampaikan Irwan saat meninjau langsung lokasi pemukiman warga yang terkena dampak abrasi dari aliran sungai Bolango, di Kelurahan Tomulobutao, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo.

“Jadi kami mengunjungi beberapa bangunan rumah yang sudah tergerus nyaris roboh akibat hantaman arus aliran sungai Bolango sehingga butuh penanganan cepat,” ujar Irwan.

Untuk itu Irwan menegaskan kepada pemerintah kota agar berkoordinasi dengan pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi II untuk melakukan penanganan awal pembangunan turap atau penahan tanah dibeberapa titik lokasi abrasi tersebut.

“Kita ingin dalam waktu dekat harus sudah ada. Karena jika tidak, dikhawatirkan rumah-rumah warga yang berada di bantaran sungai ini akan amblas secara keseluruhan,” tegas Irwan.

Tentunya sebagai wakil rakyat, kata Irwan dirinya memiliki tugas untuk mendorong pemerintah Kota Gorontalo agar secepatnya menindaklanjuti persoalan tersebut. Hal ini mengingat curah hujan diprediksi akan mengguyur Kota Gorontalo selama beberapa hari kedepan, berdasarkan laporan BMKG.

“Sehingga kami minta harus ada penanganan cepat. Saya khawatir kalau itu tidak ditangani segera, jangan sampai ada korban dulu baru itu ada pergerakan,” tandasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60