Jalan Bypass Kwandang Ditargetkan Jadi Jalan Nasional di 2023

Haris Latif

READ.ID – Pemerintah Daerah Gorontalo Utara (Gorut), melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus memaksimalkan penyelesaian pekerjaan Jalan bypass Kwandang yang ditargetkan menjadi jalan nasional di tahun 2023 mendatang.

Kepala Dinas PUPR Gorut, Haris Latif mengatakan secara bertahap jalan Bypass Kwandang terus diintervensi lewat program kegiatan, baik itu yang bersumber dari APBD maupun APBN lewat Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Dan tahun ini, pengerjaan terhadap jalan tersebut kembali dilanjutkan. Alhamdulillah dapat anggaran kurang lebih Rp 3 miliar lewat Dana Alokasi Umum (DAU),” kata Haris Latif saat diwawancarai, Jumat (10/9/2021).

Haris menjelaskan, keberadaan jalan bypass Kwandang saat ini, kalau dilihat lebar jalannya melebihi standar jalan nasional, yang hanya 9 meter. Sehingga, pengerjaannya pun tidak bisa menjangkau secara luas atau keseluruhan lebar jalan yang mencapai 21 meter.

“Kalau kita perkirakan, untuk merampungkan atau menghubungkan jalan bypass ini secara keseluruhan, maka kita masih membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 60 miliar,” terangnya.

Namun, Haris mengaku optimis dan yakin bila pekerjaan jalan bypass tersebut rampung pastinya akan merubah wajah infrastruktur di Kabupaten Gorontalo Utara salah satunya kehadiran beberapa gedung perkantoran seperti Makodim 1314/Gorut. Kantor ATR/BPN Gorut, dan Samsat serta pembangunan Mapolres yang sementara dikerjakan.

“Sehingga kalau jalan ini sudah rampung kita juga sudah bisa alihkan ke jalan nasional. Kita berusaha di 2023 itu, jalan ini sudah masuk ke mereka (jalan nasional),” tandasnya.