Date:August 11, 2020

Jembatan Putus, PPS Bone Bolango Nekat Seberangi Sungai Lakukan Verifikasi Faktual

Verifikasi Faktual

READ.ID – Meskipun jembatan putus akibat banjir bandang baru-baru ini, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Bone Bolango, nekat seberangi sungai untuk lakukan Verifikasi Faktual dukungan bakal calon kepala daerah lewat jalur perseorangan pada Pilkada 2020.

Dalam video yang berdurasi 1 menit itu, tampak petugas PPS menyeberangi sungai Bone tepatnya di Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango, meskipun air masih cukup deras.

Hujan lebat yang mengguyur Provinsi Gorontalo baru-baru ini, mengakibatkan sejumlah jembatan putus, tidak terkecuali jembatan yang menghubungkan Desa Tulabolo di Bone Bolango.

Ketua KPU Bone Bolango Adnan Berahim mengatakan, saat ini PPS sedang menjalankan verifikasi faktual dukungan calon kepala daerah lewat jalur perseorangan, sejak tanggal 24 Juni – 12 Juli 2020.

“Kami sangat mengapresiasi semangat dan keberanian rekan-rekan PPS dalam melakukan verifikasi dukungan calon perseorangan,” kata Adnan Berahim, Minggu.

Karena ini menyangkut hak politik seseorang yang diatur didalam undang-undang, untuk dipilih dan memilih.

Ia menambahkan, kalau kemudian seseorang harus didiskualifikasi hanya karena tidak sempat dilakukan verifikasi faktual sudah tentu akan menjadi masalah dikemudian hari.

“Namun kami sangat mengapresiasi kesungguhan mereka (PPS) dalam menjalankan tugas,” ujarnya.

Menurutnya, selama proses verifikasi faktual ini, petugas (PPS) yang melakukan verifikasi faktual dilapangan, yang mendatangi rumah warga, tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Mereka kami sudah lengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, Pelindung wajah, dan Hand Sanitezer,” ungkapnya.