Kabar Duka, Putra Pahlawan Nasional Nani Wartabone Meninggal Dunia

Putra Nani Wartabone

READ.ID – Putra pahlawan nasional Nani Wartabone, Yos Wartabone, meninggal dunia pada Minggu (09/5/2021) pagi. Informasi meninggalnya Yos Wartabone tersebar melalui media sosial.

Salah satu keluarga almarhum, Ingrid Wartabone mengatakan, almarhum meninggal di rumah sakit Aloei Saboe Kota Gorontalo, dalam kondisi sakit. Almarhum meninggal di usia 81 tahun.

expo

“Meninggal subuh tadi di rumah sakit Aloei Saboe. Om Toyo (Yos Wartabone) memang sering sakit-sakitan sejak lama,” ucap Inggrid kepada wartawan Read.id.

Di samping itu, Inggrid mengenang sosok Yos Wartabone adalah seorang yang memiliki kepribadian yang sederhana dan baik hati.

“Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, beliau orang yang baik. Insya Allah akan dimakamkan lepas Zuhur di kawasan Makam Nani Wartabone di Suwawa,” ungkapnya.

Nani Wartabone

Yos Wartabone (Sebelum wafat) saat berfoto di Monumen patung Nani Wartabone di Kota Gorontalo. (Foto istimewa)

Dari informasi yang dihimpun Read.id, almarhum pernah menjadi anggta DPRD Kabupaten Gorontalo pada tahun 1997. Ia juga pernah menjabat sebagai ketua persatuan menembak Indonesia (Perbakin) Provinsi Gorontalo.

Putra bungsu Pahlawan asal Gorontalo itu dikenal sebagai saksi hidup melihat nilai-nilai kepahlawanan mendiang ayahnya Nani Wartabone, dalam memperjuangkan kemerdekaan Gorontalo pada 23 Januari 1942.

(Wahyono/RL/Read)