Kantor PTSP Kota Gorontalo Masuk Kategori Berkinerja Terbaik

PTSP Kota Gorontalo

READ.ID – Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kota Gorontalo masuk dalam Kategori Berkinerja Terbaik Tahun 2021. Hal tersebut, berdasarkan keputusan Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Nomor 139 tahun 2021.

Sesuai surat penetapan tertanggal 27 Agustus itu, Pemerintah Kota Gorontalo memperoleh skor 83,413 atas kinerja pelayanan PTSP dan Percepatan Pelayanan Berusaha Pemerintah Daerah.

Saat dikonfirmasi, Plt Kepala DPM-PTSP Kota Gorontalo Mahmud Saad Kiayi Baderan, melalui Kabid Perizinan dan Non Perizinan, Mohammad Fattah Maksum menjelaskan, ada lima kriteria penilaian tersebut.

Yaitu, kelembagaan, sumber daya manusia, sarana dan prasaran kerja, realisasi proyek penanaman modal dan inovasi.

“Semua kriteria ini, tentunya secara umum kami sudah jalankan. Khususnya, menyangkut regulasi dan sistem pelayanan yang berbasis aplikasi,” jelas Fattah Maksum, Sabtu (9/10/2021).

Dirinya mengatakan, adapun yang dimaksud dengan sistem pelayanan adalah dengan mengoperasikan aplikasi OSS dan Sicantik.

Kemudian, aplikasi itu diperuntukan untuk pelayanan izin berusaha menggunakan OSS. Dab selanjutnya, pelayanan perizinan dan non perizinan menggunakan Sicantik.

Khusus perizinan dan non perizinan, kata Fattah, ada sekitar 135 jenis perizinan dan non perizinan yang dilayani oleh DPM-PTSP Kota Gorontalo berdasarkan SK Walikota.

“Nah, semua pengurusan perizinan dan non perizinan itu telah digratiskan, kecuali IMB,” sebutnya.

Ia berpendapat, program pelayanan kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh DPM-PTSP Kota Gorontalo, sangat membantu masyarakat.

Melalui kegiatan yang berbasis online atau digital ini, menjadi alat untuk mencegah adanya aksi pungutan liar atau calo.

“Nantinya, kami telah merencanakan program pelayanan berbasis online ini, akan dimaksimalkan”, tambahnya.

Baginya, program tersebut benar-benar secara utuh berbasis digital, dimana masyarakat tinggal melakukan permohonan izin dan menunggu hasil permohonan di rumah mereka.

Ditambahkannya, semua program kegiatan yang dilaksanakan DPM-PTSP Kota Gorontalo sendiri, tidak hanya memberikan dampak baik terhadap pelayanan kepada masyarakat umum dan pengusaha lokal saja. Namun, program yang dijalankan DPM-PTSP Kota Gorontalo turut membantu pertumbuhan ekonomi daerah, dalam hal kemudahan berinvestasi.

Bahkan, pihaknya pun, ucap Fattah, memiliki website dalam hal menyebarluaskan informasi pelayanan kepada masyarakat dan investor. Mengingat, semua pelayanan dan informasi apa saja, ada dalam website tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Gorontalo Marten Taha juga memberikan apresiasi atas prestasi kinerja yang telah diukir jajaran DPM-PTSP Kota Gorontalo.

Menurut Wali Kota, kinerja DPM-PTSP Kota Gorontalo tidak diragukan lagi. Sebab, menjadi salah satu instansi yang meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta lembaga yang juga mendapatkan nilai baik dari Korsupgah KPK RI.

“Tidak itu saja, beberapa kali juga sukses mengharumkan nama daerah dan Pemerintah Kota Gorontalo, ditingkat nasional,” ujar Marten Taha.

Wali Kota jug menyebut bahwa evaluasi kinerja dan pengawasan yang terus dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo, menjadi perhatian khusus dijajaran perizinan.

Kendati begitu, hal yang menjadi catatan untuk internal intansi tersebut benar-benar diperbaiki oleh jajarannya.

“Atas hasil yang maksimal ini, saya menyampaikan apresiasi atas prestasi yang sudah diraih ini. Serta, diharapkan menjadi motivasi kedepan, untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan investor,” tandasnya. (Rinto/Read)