Kapolda Gorontalo Pimpin Upacara Peringati Sumpah Pemuda

Upacara Sumpah Pemuda

READ.ID – Polda Gorontalo,Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika SH SIK MSi pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022.

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda dimulai pada pukul 08:00 WIB, digelar di halaman Mapolda Gorontalo pada hari Jumat (28/10/2022). Tampak hadir dalam Upacara tersebut yakni pejabat utama serta seluruh Personel Polda Gorontalo.

Kapolda Gorontalo menyampaikan peringatan Sumpah Pemuda adalah merupakan upaya menghadirkan masa lalu agar di renungkan, dipelajari dan di temukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak menuju sisi bangsa yang besar.

” Sumpah Pemuda 28 Oktober tahun 1928 memberikan pelajaran terhadap kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap remordial suku agama ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda pada waktu itu telah menjadi tolak kuat menuju kemerdekaan. Peren pemuda dalam mempelopori untuk membangun fisi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang di ikuti dengan rangkaian pergerakannya mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, peran pemuda telah tercatat dengan tinta mas sepanjang masa.

” Peringatan Sumpah Pemuda ini telah memiliki arti yang sangat penting, karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia tema sumpah pemuda saat ini adalah “Bersama Bangun Bangsa”. Tema tersebut memberikan pesan yang mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus di kuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan yang menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia,” katanya.

Ia juga menambahkan, Inilah yang menjadi tekad meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat dan selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia bertekad, berdaulat, bersatu adil dan makmur secara dinamis sesuai dengan konteks.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60