Kasus Covid-19 Melonjak, IDI Usulkan Pemerintah Terapkan Lockdown

IDI Covid-19 Lockdown
Petugas Kesehatan di Provinsi Gorontalo saat melakukan swab kepada ASN.(Dokumen Read)

READ.ID – Kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia melonjak, ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengusulkan pemerintah menerapkan Lockdown.

Zubairi meminta ketegasan pemerintah pusat dan daerah untuk menyesuaikan regulasi atau aturan baru, karena mengingat lonjakan kasus positif virus corona sudah meningkat pesat.

Dikutip dari cuitannya dalam akun twitter miliknya @ProfesorZubairi, Selasa (13/6/2021), didasari melonjaknya kasus Covid-19 dan rawat inap, pengurus IDI itu merasa Indonesia butuh istilah Lockdown sebagai pengganti Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Saya rekomendasikan kata lockdown saja agar monitoringnya lebih tegas dan lebih serius, meski isi konten kebijakannya tidak jauh beda dengan PPKM,” sambungnya.

IDI Lockdown
ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban. (Twitter @ProfesorZubairi)

Zubairi menilai saat ini kondisi pandemi virus corona di tanah air mirip dengan peningkatan kasus di 2020. Bahkan bisa lebih parah.

Menurutnya, pandemi Covid-19 bisa makin memburuk karena ada faktor keberadaan mutasi virus SARS-CoV-2 yang tergolong ‘Variant of Concern (VoC)’.

Salah satu mutasi Covid-19 yang dimaksud yakni varian B1617 dari India atau Delta. Menurut Zubairi, varian tersebut tergolong berbahaya.

Dia berkaca dari Australia yang pintu perbatasannya dijaga ketat, namun tak bisa mengelak dari penyebaran B1617. Pun di Indonesia menurutnya varian tersebut telah mengakibatkan dampak yang tidak baik hingga saat ini.

“Varian Delta yang sangat menular dari SARS-CoV-2 telah bermutasi lebih lanjut untuk membentuk varian Delta Plus atau AY.1. Diketahui, Delta Plus ini tahan terhadap terapi antibodi monoklonal yang baru saja disahkan di India. Semoga kita terhindar dan bisa memitigasinya,” kata dia, seperti dikutip dari CNN.

Belum lagi varian mutasi corona yang lain. Sejauh ini, Kemenkes sudah mendeteksi 145 kasus varian mutasi corona. Terdiri dari 36 kasus B117 Alfa, 5 kasus B1351 Beta, dan 104 kasus B1617.2 Delta.

Lebih lanjut, Zubairi menyoroti kenaikan kasus dalam beberapa pekan terakhir di Ibu kota. Dia mengajak masyarakat untuk waspada dan mematuhi protokol kesehatan 3M dengan sesuai. 3M yang dimaksud adalah memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Saya harus katakan. Kita ini berada dalam cengkeraman tahap awal gelombang Varian Delta. Bahkan, Mas Anies Baswedan bilang, situasi Jakarta sedang genting,” kata Zubairi.

“Memang benar. Apalagi masih ada jutaan manusia Indonesia yang belum terlindungi vaksin. Ini bisa jadi bencana bagi mereka,” tambahnya.

(RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version