Kawasan Pesisir Bulontio Timur Butuh Pembangunan Tanggul

Jerry Kiswanto

READ.ID – Anggota DPRD Gorontalo Utara, Jerri Kiswanto mendorong pemerintah daerah setempat untuk dapat menseriusi aspirasi masyarakat di kawasan pesisir pantai Desa Bulontio Timur, Dusun Sukamaju, Kecamatan Sumalata yang membutuhkan pembangunan tanggul pemecah ombak.

“Ketika air pasang dan kondisi cuaca tidak bersahabat, ombak mencapai pemukiman warga yang rumahnya berada di pesisir pantai. Sehingga pembangunan tanggul pemecah ombak menjadi harapan bagi masyarakat di lokasi tersebut,” kata Jerri, Kamis (16/9/2021).

Apalagi lanjut Jerri saat ini masuk pada akhir tahun yang tentunya untuk kondisi cuaca yang akan terjadi sudah dapat diprediksi karena ini berlaku untuk setiap tahunnya.

“Selain curah hujan yang cukup tinggi, kondisi angin kencang dan juga air pasang yang pasti akan naik tinggi sehingga ini akan mengancam kondisi pemukiman warga yang tinggal di Dusun Sukamaju tersebut,” jelasnya.

Jangankan kondisi cuaca yang akan dihadapi pada akhir tahun nanti yang kondisi ombaknya besar dan juga angin kencang.

“Saat ini saja ketika air pasang dan anging cukup kencang, hempasan ombak yang ada sampai di pemukiman warga,” tegasnya.

Ketika ini terjadi dan tidak mendapatkan penanganan yang segera atau tidak ada upaya antisipasi maka tentunya masyarakat yang akan terkena dampaknya.

“Sehingga sebelum ada resiko yang lebih parah lagi yang akan terjadi, maka diharapkan segera untuk dibangun tanggul pemecah ombak,” pungkasnya (Rully)