Kehadiran Pani Gold Project, Diperkirakan Akan Berpengaruh Terhadap Ekonomi Diluar Pohuwato

Pani Gold Project

READ.ID – Adanya kegiatan pertambangan yang dikenal dengan Pani Gold Project atau proyek emas gunung pani, diprediksi dapat mempengaruhi geliat ekonomi tidak hanya di Kabupaten Pohuwato melainkan akan dirasakan oleh Daerah disekitarnya.

Diketahui, Pani Gold Project merupakan proyek pertambangan di Kabupten Pohuwato, yang dikerjakan oleh PT. Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS) dan Gorontalo Sejahtera Mining (GSM).

Fikri S. Adam Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Pohuwato mengungkapkan, proyek pertambangan yang di kelola oleh Kedua perusahaan tersebut, tidak hanya dapat berpengaruh pada geliat ekonomi di Pohuwato, akan tetapi kedepan, bisa dirasakan oleh Provinsi Gorontalo pada umumnya.

“Kalau saya berfikir jauh kedepan, dampaknya tidak hanya di Kabupaten Pohuwato saja, di Boalemo pasti akan merasakan dampak geliat ekonomi itu, bahkan hingga ke seluruh wilayah Provinsi Gorontalo,”ujarnnya kepada media, selasa (01/11/2022)

Selanjutnya, Fikri menyampaikan, pengaruh terhdap ekonomi dengan hadirnya perusahaan dan proyek pertambangan tersebut adalah dari banyaknya rekrutmen karyawan diman, hal itu dapat menekan angka pengangguran.

Tak hanya itu kata Fikri, dari segi peluang Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM), yang dapat dimanfaatkan oleh msyarakat.

“Mereka akan menerima 3000 orang, hal ini tentu harus didominasi oleh tenaga kerja lokal, kemudian masyarakat yang berada di sekitar lokasi perusahaan juga dapat membuka usaha baru,”imbunya

Ditambahkan Fikri juga, PT. PETS dan GSM yang merupkan anak dari PT. Merdeka Copper Gold itu, tidak hanya berpengaruh pada geliat ekonomi akan tetapi juga pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di pohuwato dari segi pendidikan.

“Perusahaan ini juga akan menjalin kerjasama dengan Universitas Pohuwato, hal ini tentu dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kita,”tandasnya

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60