Kemenag Sampaikan 554 Kloter Haji 2024 Siap Berangkat Mulai 12 Mei

554 Kloter Haji 2024 Siap Berangkat Mulai 12 Mei

READ.ID – Kementerian Agama menyatakan 554 kelompok terbang (kloter) haji siap berangkat mulai 12 Mei 2024.

Diketahui, tahun ini Indonesia mendapat 241.000 kuota, yang terdiri atas 213.320 jamaah reguler dan 27.680 jamaah khusus.

“Sampai hari ini sebanyak 213.079 jamaah sudah terbit visanya,” ujar Direktur Layanan Haji dalam Negeri, Kementerian Agama (Kemenag) RI Saiful Mujab melalui siaran pers, Kamis (9/5/24).

Direktur Saiful menjelaskan proses visa calon jamaah haji reguler sebenarnya sudah selesai secara total 100 persen. Namun dalam perjalanannya, terdapat sejumlah jamaah yang membatalkan keberangkatan karena beragam sebab seperti sakit, wafat, atau alasan lainnya.

“Jadi hari ini teman-teman di Tim Dokumen Haji sedang memproses lagi 241 visa sebagai pengganti jamaah yang sudah tervisa namun batal berangkat,” ungkap Direktur Saiful.

Ia berharap calon jamaah yang sudah tervisa semuanya berada dalam kondisi sehat hingga menjalankan ibadah haji dan kembali ke Tanah Air, sehingga tidak ada lagi kuota calon jamaah yang harus digantikan karena batal berangkat.

Lebih lanjut, sebanyak 554 kloter itu terdistribusi dalam 14 embarkasi yaitu Embarkasi Aceh (BTJ), Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta – Pondok Gede (JKG), Jakarta – Bekasi (JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar (UPG).

“Selain itu, sebanyak 437 petugas Daker (Daerah Kerja) Bandara dan Daker Madinah sudah diberangkatkan untuk bersiap menyambut kedatangan dan melayani jamaah haji Indonesia,” tutup Direktur Saiful.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version