Kemenparekraf Ajak Komunitas Kopi Mempromosikan Pariwisata Indonesia

Komunitas Kopi
banner 468x60

READ.ID – Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, Agustini Rahayu, dalam acara “Live Streaming Ngopi Sore Bersama Komunitas Kopi”, Sabtu (25/7/2020), mengatakan kopi merupakan salah satu bagian dari mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional.

“Lewat acara ini, kita ingin menggalang komitmen bersama komunitas pencinta kopi untuk kreatif mengembangkan wisata kopi Indonesia,” kata wanita yang akrab disapa Ayu ini.


banner 468x60

Menurut Ayu, Kemenparekraf kini tengah melakukan pengembangan Komunitas Parekraf untuk membantu menggencarkan  kecintaan masyarakat terhadap produk Indonesia. Menurutnya, Komunitas Pecinta Kopi  Indonesia merupakan unsur penting dalam proses ini, mengingat Kopi Indonesia sudah terbukti unggul bahkan di tingkat Internasional.

Kedai Kopi

Dalam acara ini Ayu mengenalkan Mikhael Rudy, selaku pendiri Komunitas Kopi Indonesia dan pembina petani kopi di Indonesia. Didasari kegemaran akan kopi Indonesia, Ayu yakin kreatifitas membangkitkan pariwisata dapat kembali digalakkan.

“Indonesia punya banyak tempat penghasil kopi. Apalagi para Coffee Enhusiast ini sangat bersemangat untuk kembali membangkitkan wisata kopi Indonesia dalam kemasan yang lebih kreatif menyikapi segala keterbatasan selama masa pandemi COVID-19, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan” katanya.

Sementara menurut Djoko Waluyo, komunitas kopi dinilai punya kemampuan untuk membangkitkan kembali pariwisata Indonesia  pasca pandemi COVID-19.

“Saya yakin semua komunitas kopi bisa terus berkreasi di tengah pandemi ini,” ungkap Djoko.

Acara ini juga diisi dengan pembuatan latte art dan lukisan dari ampas kopi. Lukisan ini dibuat oleh pemilik kedai Kopi Tanah Air Kita, Mikhael Rudy.

“Lukisan ini saya buat dalam waktu tiga minggu. (Tujuannya) untuk menghilangkan penat,” ucap Rudy.

Tidak hanya itu, pada acara ini, Kemenparekraf/Baparekraf juga memperkenalkan aplikasi bernama Community Hub yang rencananya akan diluncurkan pada Agustus 2020.

Menurut Kasubag Komunikasi Publik Kemenparekraf/Baparekraf, Syaril S., aplikasi yang tengah disempurnakan itu merupakan suatu platform sosial media bagi seluruh komunitas yang ada di Indonesia.

“Di aplikasi ini, seluruh komunitas di Indonesia bisa saling berbagi informasi yang bermanfaat dan mengunggah gambar dan tulisan ke media sosial pada umumnya di halaman komunitasnya dan juga ada live streaming secara berkala dengan berbagai tema bersama komunitas yang berbeda-beda,” jelas Syaril.****(Rilis/RL/Read)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90