Kementrian LHK dan Pemprov Gorontalo Giat Lakukan Penanaman Pohon Serentak

Kementrian LHK dan Pemprov Gorontalo Tanam Pohon

banner 468x60

READ.ID – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam hal ini Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Bone Bolango bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo menggiatkan penanaman pohon serentak yang berlokasi di Pondok Pesantren Hubulo, Desa Keramat, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Minggu (14/1/2023).

Pusat pelaksanaan penanaman secara serentak di seluruh Indonesia ini berlokasi di Provinsi Banten dan dipimpin oleh Wakil Presiden RI.

banner 468x60

Kepala BPDAS Bone Bolango Heru Permana dalam laporannya mengungkapkan, lokasi penanaman seluas 1,5 hektar yang ditanami bibit pohon mangga, rambutan, alpukat durian, dan jambu kristal. Sebanyak 250 bibit yang ditanami ini berasal dari Persemaian Permanen Toyidito yang akan diserahkan pada pihak Ponpes Hubulo.

“Mari kita tanamkan masa depan hijau berkelanjutan melalui partisiapsi aktif semua pihak dalam meningkatkan aksi konkrit agar terwujud dunia yang lebih baik dan berkelanjutan,” ajak Heru.

Sementara itu, Kepala Dinas LHK Provinsi Gorontalo Fayzal Lamakaraka saat menyampaikan sambutan Menteri LHK mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari penanaman pohon pada tanggal 30 Desember 2023. Sesuai arahan Wakil Presiden RI, penanaman terus dilakukan di sepanjang musim penghujan 2023/2024.

Kementerian LHK RI akan melanjutkan penanaman ini pada bulan Februari-April 2024 di seluruh Indonesia. Lokasi yang dipilih merupakan lahan kritis yang menjadi target pemerintah dalam upaya pemulihan kualitas lingkungan hidup.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan penanaman pohon yang telah kita lakukan pada 30 Desember kemarin sekaligus melaksanakan arahan Wakil Presiden RI untuk terus melakukan penanaman sepanjang musim penghujan,” ungkap Fayzal.

Penanaman pohon di Pesantren Hubulo dilaksanakan 200 peserta yang terdiri dari aktivis pecinta alam dan lingkungan, OPD, ASN, masyarakat dan para santri. Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma dan Kepala Pondok Pesantren Hubulo Yanti monoarfa.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60