banner 468x60

Kominfo Jadwalkan Hari Ini Peresmian Peluncuran Kominfo Newsroom

READ.ID – Kominfo Newsroom menjadi salah satu upaya untuk memastikan akses informasi mudah diperoleh masyarakat hingga pelosok negeri.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo) Nezar Patria dijadwalkan meresmikan secara resmi peluncuran Kominfo Newsroom pada 5 Maret 2024, pukul 18.00 WIB di Trans Convention Center, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kominfo Newsroom yang dikelola oleh Direktorat Pengelolaan Media, Ditjen IKP, memiliki tujuh kanal yang terbagi dalam segmentasi media digital berupa portal berita, media audio visual, dan cetak. Ketujuh kanal tersebut adalah Portal Indonesia Indonesia.go.id, InfoPublik, GPR TV, Indonesia Baik, FMB9, Komunika, dan GPR News.

Direktur Jenderal IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong, Senin (4/3/2024) mengatakan Kominfo Newsroom berperan memproduksi dan mendiseminasi informasi publik dengan visi dan misi memberikan kemudahan akses informasi yang aktual, akuntabel, dan tepercaya terkait program-program pemerintah baik kementerian lembaga pusat dan daerah.

Dalam memproduksi informasi dan konten, Kominfo Newsroom menjalin mitra dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan komunitas, yang disebut juga dengan Media Center.

“Sederhananya jaringan yang kami bangun ini ingin menggelorakan narasi-narasi positif melalui konten informasi yang akuntabel, untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar Usman.

Peluncuran Kominfo Newsroom merupakan rangkaian dari acara Anugerah Media Center (AMC) 2024 dan menjadi acara tahunan yang digelar Kementerian Kominfo.

Penyelenggaraan AMC 2024 memiliki keistimewaan sendiri dibandingkan dengan gelaran tahun-tahun sebelumnya.

Pada AMC 2024 itu diselenggarakan juga bimbingan teknis bidang jurnalistik bertajuk “Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom” atau Jarkom. Secara serentak pada Selasa 5 Maret 2024 pagi akan digelar empat tema Jarkom, yaitu Jurnalisme Data, Mobile Journalism, Media Relations, dan Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO.

”Ini menjadi momen baik karena bertepatan juga dengan penantian masyarakat Indonesia akan lahirnya pemimpin baru usai pemilihan umum 2024. Semoga masyarakat semakin tercerdaskan dengan konten-konten positif untuk menjaga Indonesia tetap dalam persatuan dan kesatuan,” ujar Usman Kansong.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60