Komisi Aparatur Sipil Negara Berikan Kuliah Pakar untuk Mahasiswa Program Doktor Administrasi Publik

Kuliah Pakar

READ.ID – Sebagai bagian dari aparatur pemerintah, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof Dr. Agus Pramusinto, MDA mengingatkan tentang pentingnya netralitas ASN menjelang pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Agus usai memberikan materi pada kuliah pakar dengan tema “Mengawal Pemilukada Serentak Tahun 2024 dalam mewujudkan Good Local Government”, Jumat (18/11/2022) di Gedung Pascarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Menurut guru besar UGM aturan tentang netralitas ASN sudah ada dan sudah jelas, sehingga harus dipedomani oleh seluruh ASN di Indonesia.

“Kami mengingatkan bahwa ada aturan agar ASN itu netral karena memang kalau mereka melanggar akan terkena sanksi,” ujar Agus.

Lebih lanjut Agus menerangkan mengenai potensi keterlibatan ASN pada politik praktis. Contoh kasus kata Agus pada pilkada 2020 silam jumlah ASN yang dilaporkan di KASN sebanyak 34 lantaran diduga melanggar kode etik ASN mengenai Pemilu.

Oleh sebab itu, kata Agus pihaknya akan masif melakukan sosialisasi dalam mencegah potensi pelanggaran oleh ASN pada pemilu serentak 2024 mendatang.

Kuliah pakar yang ini dilaksanakan oleh Program Doktor Administrasi Publik Pascasarjana UNG Bekerjasama dengan DPD IAPA Gosulut.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60