Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo Harap Embarkasi Haji Penuh Terwujud di Tahun 2024

Embarkasi Haji Penuh

READ.ID – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo AW. Thalib menyatakan optimis atas pembangunan embarkasi haji penuh di Gorontalo, dapat terwujud di tahun 2024 mendatang.

Hal ini menyusul, adanya pihak eksekutif yang telah berhasil melakukan negosiasi, untuk pembebasan lahan milik warga di sekitar Gedung Asrama Haji.

Mengingat, kata AW. Thalib, salah satu syarat pemenuhan embarkasi haji penuh yakni harus memenuhi lahan sebesar 3.105 meter persegi, untuk pengembangan Asrama Haji.

Hal ini dikatakannya, usai Komisi I melaksanakan rapat dengar pendapat bersama pihak Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Selasa (17/5/2022).

Dirinya menjelaskan, adapun yang menjadi kendala yang dihadapi, yakni terkait anggaran yang kini belum masuk di dalam APBD Induk Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Olehnya, kami meminta agar persoalan ini bisa terealisasi, sebab pembangunan tambahan Asrama Haji sudah proses tender di Kementerian Agama”, tegas politisi PPP ini.

Menurut AW. Thalib sendiri, setelah dilakukan negosiasi dengan pemilik lahan, telah menyatakan siap. Bahkan, ada yang telah menawarkan harganya sekitar Rp2.8 Milyar.

“Namun, ini hanyalah sekedar harga penawaran, tetapi pemerintah tidak bisa berdasarkan penawaran, tapi harus berdasarkan kelayakan dan berkeadilan, yang harus ditaksir appraisal”, ucap AW. Thalib.

Dirinya berpendapat, jika sudah melalui proses tender, maka otomatis akan ada tindaklanjut pembangunan. Sehingga, upaya tersebut tahun ini harus ada. Terlebih, anggota Komisi I sendiri, hampir rata-rata adalah anggota badan anggaran.

“Mudah-mudahan, hal ini bisa terealisasi, dan di tahun 2024 nanti impian untuk mewujudkan embarkasi haji penuh Gorontalo dapat terwujud”, harapnya.

(Rinto/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90