Komitmen Pemda Gorut, Berbuah Penghargaan APE 2021

Bupati Gorontalo Utara

READ.ID – Pemerintah Daerah Gorontalo Utara (Gorut), meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021 dengan kategori Pratama dari pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA).

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kepada Gorontalo Utara itu, karena dinilai mampu mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan serta memenuhi kebutuhan anak.

Bupati Gorut Indra Yasin mengatakan, memang salah satu dasar indikator penilaian dari anugerah tersebut antara lain, bagaimana memberikan ruang kepada kaum perempuan untuk berperan dalam pembangunan.

“Karenanya, prinsip yang menjadikan perempuan itu hanya sebagai objek pembangunan saja, tidak boleh digunakan. Akan tetapi kaum perempuan itu sekaligus sebagai subjek pembangunan,” ujar Indra.

Menurutnya, kaum perempuan harus memiliki aksesibilitas yang sama terhadap sumber daya, dan mampu berpartisipasi sekaligus terlibat penuh dalam proses pembangunan tanpa pembatasan.

“Dia harus mengambil peran, saling bahu membahu dengan kaum pria. Dengan demikian pembangunan itu bisa berjalan lebih kuat lagi karena berbarengan antara antara pria dan wanita,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Indra menyampaikan ucapan terima kasih, sekaligus apresiasi atas dukungan semua pihak, termasuk dari Kementerian PPPA yang sudah memberikan penghargaan terhadap pengarusutamaan gender di Gorontalo Utara.