KPA Pohuwato Gelar Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS

HIV/AIDS Pohuwato
Suasana KPA Pohuwato menggelar sosialisasi pencegahan Covid-19. (Foto JK/Read)

READ.ID – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Pohuwato, menggelar sosialisasi guna menyebarluaskan informasi terkait pencegahan serta penanggulangan HIV/AIDS di daerah setempat.

Sosialisasi tersebut ditujukan pada populasi beresiko dan juga polulasi umum dengan sasaran Lesbi, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT), Lelaki suka Lelaki (LSL), Wanita Pekerja Seksual (WPS) serta Ibu rumah tangga.

Kegiatan sosialisasi yang menghadirkan narasumber dr. Suherman tersebut, berlangsung selama 5 hari dari 11 Juni sampai 15 Juni 2021 dengan tempat pelaksanaan yang berbeda seperti di tempat salon, rumah masyarakat dan halaman kantor BPBD.

Sekretaris KPA Pohuwato, Julik Hamzah menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak lain untuk mengurangi dan mencegah penularan, serta memberikan pemahaman dari pada HIV/Aids di daerah.

Julik menambahkan, sosialisasi tersebut juga disampaikan pada ibu rumah tangga yang rentan dengan penularan akibat dari terjangkitnya suami atau seseorang yang dekat dengannya, karena salah satu penularan yang cepat melalui jarum suntik bekas apabila telah dipakai orang yang mengidap virus HIV/Aids.

Olehnya Julik berharap, sosialisasi yang diselenggarakan ini dapat memberi pemahaman kepada masyarakat untuk bagimana menghindari seks bebas terutama bagi sesama jenis.

“Untuk itu kehadiran dari nara sumber sebagai pemateri, diharapkan bisa memberi manfaat dan kejelasan akan bahaya dari virus tersebut,” pungkasnya.

Sementara dari data KPA Pohuwato, tercatat ada 95 kasus positif HIV/AID yang tersebar di daerah setempat.

(JK/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90