KPU Bone Bolango Umumkan Daftar Pemilih Sementara

Pemilih Sementara

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango mulai hari ini, Sabtu (19/9/2020) mengungumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Pengunguman dilakukan dengan cara menempelekan DPS tersebut di Kantor PPS dan sejumlah tempat yang dapat dijangkau dengan mudah oleh warga.

Saat menempelkan DPS, pihak KPU juga menyosialisasikan ke masyarakat di 165 desa/kelurahan mengenai DPS tersebut dan proses tahapan Pilkada.

Anggota KPU Bone Bolango Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Humairoh U. Tipuwo menyampaikan mulai hari ini, seluruh PPS melaksanakan penempelan DPS.

Hal ini bertujuan agar masyarakat tahu dan bisa mengecek langsung pada pengumuman tersebut. Sehingganya, warga dapat mengetahui sudah betul-betul terdaftar dalam DPS atau belum.

“Jika belum masuk DPS, maka masyarakat harus melaporkan atau berkoordinasi dengan PPS dimasing-masing Desa/Kelurahan,” ujarnya.

Ia juga menerangkan setelah ada laporan dan tanggapan dari masyarakat, selanjutnya akan ada tahap perbaikan DPS.

“Jadwal tahapan mulai 29 September sampai tanggal 3 Oktober 2020. Kemudian, 4 hingga 6 Oktober 2020, dilakukan rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat desa yang disampaikan kepada PPK,” imbuhnya.

Humairoh berharap masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk mengecek apakah telah terdaftar sebagai pemilih pada Daftar Pemilih Sementara.

“Jika belum terdaftar, masyarakat dapat menghubungi PPS di desa masing-masing,” kata Humairoh

Dirinya menyampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam pemilihan serentak 2020 agar mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hasil pencoklitan melalui PPDP hingga menjadi DPS se-kabupaten Bone Bolango berjumlah total 115.567 ribu, dengan rincian, laki-laki sebanyak 57.465 pemilih, sedangkan perempuan sebanyak 58.102 pemilih.

(RL/Read)

Baca Berita Kami Lainnya di GOOGLE NEWS

pahlawan