KPU Gorontalo Berharap Siswa SMAN 1 Kabila Jadi Generasi Penggerak Demokrasi

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo berharap Siswa-siswa SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango bisa menjadi generasi penggerak demokrasi, untuk pemilihan umum generasi mendatang.

“Niat dan kecintaan terhadap demokrasi adik-adik hari ini, adalah modal besar untuk demokrasi di Indonesia khususnya di Gorontalo kedepan,” kata Fadliyanto Koem, saat menerima kedatangan siswa SMAN 1 Kabila di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Dulohupa KPU Provinsi Gorontalo.

Ia menjelaskan, kedatangan siswa-siswi SMAN 1 Kabila di KPU Provinsi Gorontalo untuk belajar mengenal Pemilu dan Demokrasi itu sendiri.

Pihaknya berharap lewat kepedulian para siswa-siswi ini, masyarakat diluar sana akan lebih paham tentang apa itu demokrasi dan bagaimana demokrasi itu berlangsung.

“Suatu saat nanti kalian akan menjadi penggerak demokrasi di Gorontalo,” ujar Fadliyanto Koem.

Sementara itu Selvi Katili anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, menambahkan bahwa pada dasarnya adik-adik ini, sudah melaksanakan proses demokrasi, contoh kecil lewat pemilihan ketua Osis.

“Itu adalah contoh kecil dalam berdemokrasi, yang dijalankan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Selvi Katili.

Kalau ke ruanglingkup yang lebih besar lagi, yaitu Pemilu atau Pemilu Kepala Daerah atau yang sering dikenal Pilkada.

“Tahun depan adik-adik yang nantinya sudah berumur 17 tahun, tentu sudah bisa menggunakan hak pilihnya, khususnya menghadapi pemilihan bupati dan wakil bupati Bone Bolango,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Selvi Katili juga menyampaikan terima kasih kepada para siswa-siswi SMAN 1 Kabila, yang sudah mau belajar demokrasi dan mengenal pemilu lewat RPP Provinsi Gorontalo.

Berita terkait lainnya