KPU Luncurkan Aplikasi Pelaporan Orang Meninggal Untuk Validasi DPT

Aplikasi KPU

READ.ID – Jelang tahapan Pemilu serentak tahun 2024, KPU Provinsi Gorontalo meluncurkan Aplikasi “LOHUMBUTA”, salah satu fungsinya yaitu pelaporan orang meninggal, untuk validasi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Masyarakat di wilayah Provinsi Gorontalo kini dapat mengecek data Pemilih serta melaporkan jika mengetahui adanya Pemilih Meninggal Dunia dan/atau Pemilih Baru dengan memanfaatkan Aplikasi PDPB “LOHUMBUTA”.

Aplikasi “LOHUMBUTA” sendiri berbasis website yang dapat diakses melalui tautan https://lohumbuta.id/ atau memasang/install aplikasi pada smartphone android, dengan mengunduh di Aplikasi Playstore.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Sophian Rahmola mengutarakan bahwa “LOHUMBUTA” dalam bahasa Gorontalo filosofinya adalah berkelanjutan.

Aplikasi PDPB “LOHUMBUTA” menjadikan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) semakin praktis dalam genggaman, dengan sajian tiga mode layanan yaitu, Sub Aplikasi PDPB Database dan DataBridge, Sub Aplikasi PDPB Android dan WA Center, serta Sub Aplikasi Website.

Aplikasi PDPB “LOHUMBUTA” merupakan inovasi KPU Provinsi Gorontalo untuk melayani Pemilih, Partai Politik, dan stakeholder dalam proses pemutakhiran data Pemilih secara berkelanjutan, juga menjadi jembatan data antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan KPU dalam konsep Bridge tukar-menukar data Pemilih.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem menyebut program PDPB yang telah dirintis sejak tahun 2020 di tingkat Provinsi Gorontalo menuai respon yang positif dari para stakeholder.

Sebab itu, pihaknya menaruh harapan yang sangat besar agar kiranya kolaborasi yang telah terbangun dapat terus diestafetkan hingga pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Di kesempatan yang sama, saat peluncurun Aplikasi tersebut turut hadir secara daring Anggota KPU RI Divisi Data dan Informasi, Viryan Azis, yang meresmikan secara langsung Aplikasi PDPB “LOHUMBUTA”.

Viryan mengapresiasi langkah progresif KPU Provinsi Gorontalo dan berharap aplikasi ini menjadi instrumen PDPB yang semakin partisipatif, akuntabel, efektif, dan efisien untuk Pemilu Serentak Tahun 2024 yang demokratis.